Monday 7 January 2008

Welkom in Groningen

Yeeee
gak kerasa dah seminggu di sini. Big newsnya alhamdulillah gak kena flu kaya waktu dulu pertama dateng ke sini :D.
Sudah lebih terbiasa dengan udara dingin, pleuuus angin.

Dateng ke Groningen... kaya kembali ke rumah. Dunno why, mungkin karena dah kenal situasi kali yak. Pleus banyak pisan anak ITB nyangkut di sini =)), tepatnya banyak anak kimia ngumpul di sini :D. Sekarang kan dah ada... nggg... berapa yak, yang ada kimia-kimianya... mmm, satu dari angkatan... [sabaraha nya, gak tau :D, 90an kali yah], tiga dari angkatan 99, 3 dari angkatan 2002 [including me].

pertengahan januari ntar... bakal ada sekitar 10 orang kimia 2003, awal februari 1 orang kimia 2002, akhir februari 1 orang kimia 2002, pleus maret 1 orang kimia 2002. Yuhu, migrasi departemen kimia ke RuG, heheheh :D.
Belum lagi dominasi tekim serta fisika. Ya, banyak pisan nya itebe itebenya.

Dah lama gak apdet blog. Kerjaannya blogwalking mulu, komen sana sini :D, maaf pada yang blognya telah Rachma kasi jejak ;).

Mau review apa yang Rachma lakukan sejak keberangkatan.

-Hari Sabtu, 29 November 2007-

Pergi dari rumah jam 10 pagi, ditemani keluarga. Menelusuri jalur padalarang - puncak- bogor- cengkareng
Nyampe di cengkareng jam 4. Ngantri bentar di malaysian air. Check in, dengan bagasi 22,5 kilo [tepat sama dengan yang diukur di rumah, dah siap-siap nyiapin rupiah setara 100 dollar. Handbag 9.5 kilo, da setau Rachma kabin maksimal 10kilo including laptop]. Tapi untungnya lolos :D. Di tiket juga ada tulisan kalo hand bag maksimal 5 kilo, hehe, pura-pura gak tau aja :P. Pas ngangkat bagasi ke timbangan check in,,,,, gak keangkat :D, ada yang nolongin, bapa-bapa yang ada di belakang, ntah siapa namanya. Seorang chinese yang berpergian bersama istri ke amsterdam. Nuhun ah Pak.
Terus bayar pajak 100ribu, pleus fiskal 1juta. Terus nyari mushola, baru sholat jam lima :-|, menjama dzuhur dan ashar. Selse sholat, terus keluar, kangen-kangenan dulu ma Mama dan yang lainnya.
Masuk ruang tunggu pesawat jam setengah 6. Sekarang ... bingung ngangkat hand bag ke kabin, heuheuheu. Da beda ateuh, kalo pas di gendong tuh gak kerasa berat. Tapi pas ngangkat, berat :P. Untungnya ada pramugara,,, dibantuin.
dan jadilah Rachma duduk di deket jendela [pas check in ditanya mu duduk di mana, dan Rachma jawab, di deket jendela aja deh :D]

Pesawat yang menuju kuala lumpur itu ... kayanya cuman muat 140an penumpang, kerasa kecil pesawatnya. Rachma kebagian duduk di kursi-tiga. Kebetulan yang tengahnya kosong. Terus di ujungnya ada ibu-ibu, chinese. [ketemu chinese mulu yak :-/].
Sepanjang perjalanan, nya diem aja, tidur-tiduran. Pas mau landing, baru aja ngobrol sama ibu-ibu tadi, heheheh.

Nyampe malaysia jam setengah sepuluh. Nemenin seorang ibu-ibu separuh baya, chinese juga. Kasian beliau teh bawa dua hand bag. Jadi Rachma bantu bawa satu. Walo tas punggung dah berat, bilang ke ibu tadi mah, tas Rachma ringan, jadi Rachma masih bisa bawain tas lain. Hehehe, Rachma kan nyadar kalo bawa tas2 gitu tuh berat, jadi ya, apa salahnya bantuin bawa [walo tangan asli pegel pisan, kekekek]

terus nyari mushola, sayangnya ibu tadi nonmuslim, jadilah sholat sendiri, jama maghrib-isya. Katanya sih ibu tadi ke amsterdam buat ngunjungin anaknya yang kerja di KLM. Bahasa belanda ibu ini mantaph, jadi ngiri ... :D.
terus nyari gate C34, yang ternyata harus naik aerotrain. [Airportnya malaysia gaya ya :D].
Nyampe di gate, ketemu penumpang lain, ngobrol sana ngobrol sini [sok kenal sok deket tepatnya :P]. sampe ada penumpang yang nyangka kalo ibu tadi tuh Mama Rachma. Weleh, segitu akrabnya yak :P.

sampe di pesawat, yang katanya delay ini. Horeee, pesawatnya gede, pleus ada hiburannya. Dan banyak bule kecil, kayak boneka =)). Kalo liat anak kecil foreigner tuh gimana gitu, lucu banget ya mereka... 8-|.

Pas mu nyimpen tas gendong, bingung, gak ada pramugaranya. Eh, sebenernya Rachma heran, malaysia bener-bener membiarkan pramugaranya berperan sebagai cabin attendant...
akhirnya, memberanikan diri minta tolong pada seorang asing. Dia dengan senang hati menolong, hehehe.
Duduk deket jendela, kali ini dua tempat duduk deket Rachma terisi. Dua orang bapa-bapa, tampaknya sih orang Indo. Tapi Rachma gak ngobrol apapun :D, kecuali minta tolong nyodorin makan ato minum >:).

Service makanan MH lumayan juga, ya paling gak.... ngerasa aman deh, makanannya halal. Dah gitu pas malem-malem dikasi snack, dikasi es krim juga, kenyang deh pokoknya :D. Selama perjalanan............ tidur dengan suksesnya, hahahaha [kecuali kalo ada dering makanan :P]

dua jam sebelum landing, Rachma sholat shubuh [ini asli ngira-ngira waktunya, hehehe. Maafin Rachma ya Allah].
Nyampe amsterdam jam 6 kurang seperempat. Gaya nih MH, delay tapi nyampe schipol tetep in time :D.
setelah ngambil bagasi, tentunya ada yang bantu ngambil, heuheu. Akhirnya beli tiket di mesin, seharga 27.9 euro. Ngambil jadwal jam 8.16. Kenapa ngambil jam itu? itu karena Rachma lupa lagi liat jadwalnya, hueheheh :P. Dalam rangka mencari kereta yang langsung ke Groningen, jadi weh, liat-liat dulu dan nanya-nanya dulu.

Pas lagi nunggu kereta.... ada orang Hongkong, katanya sih kerja di rumah sakit groningen, tapi bukan doktor. Beliau ini ngebantu ngangkat koper pas naik kereta :D [xie xie...].
Dan ternyata, di tengah jalan, sang masinis mengumumkan sesuatu, yang Rachma tak tau apa artinya, heuheuheu *merana*.
intinya sih, karena ada sesuatu hal, keretanya gak jadi langsung ke groningen, tapi ke leewarden dulu, baru ke groningen. yang artinya nambah sekitar 2 jam perjalanan.
Akhirnya Bapak Hongkong yang tadi, ngasi tau Rachma, jadinya turun di Assen aja, naik bis ke groningen.

betapa ribetnya harus bawa-bawa koper deui...
berpindah ke stasiun bis, turun tangga... omigod, bawa koperna kumaha????
wajah desperate Rachma kayanya cukup jelas, heheheh, jadi Bapak Hongkong tadi bawa koper Rachma, dan Rachma bawa koper beliau yang paling kecil [yang tetep aja beurat, kekekkek :P].

setelah turun tangga, ternyata mesti naik tanggaaaaa, panjang pulakkk T_T. Walo Rachma ngangkat koper kecil itu... ya Allah... capek pisannnn. Yang akhirnya, ya kopernya dibawain ma Bapak Hongkong tadi, hueheheh.
Terus ke counter bis, dikasi kuesioner [katanya sih buat reimburse tiket karena gak jadi total ke groningen, -belum diisi da bahasa belanda, mesti ngeklik babelfish dulu :P-]

datang bis khusus ngangkut penumpang kereta itu...
heu, koperna kan mesti disimpen di bagian bagasi samping... ya... lagi-lagi dibantu ma Bapak Hongkong tadi, :D.
Dalam perjalanan 20 menit assen-groningen, Rachma pun dikasi wejangan buat belajar bahasa belanda. Siap Pak! ^_^

[betewe, Rachma gak nanya nama-nama orang yang selama perjalanan Rachma ajak ngobrol, @_@]

sampai di groningen, ada F**, Y*****, dan M***.
yeeee, akhirnya nyampe di groningen jugaaaa
terus naik bis, * Rachma masih punya utang 1 euro ke Y*****, heheh
nyampe di YB
dan... mengkudeta kamar A*** ampe tanggal 2 januari. hehehe, berhubung yang punyanya sedang mengikuti suatu kegiatan ;). Tahun baruan di kamar, cukup senang dengan hanya melihat gebyar kembang api serta mendengar suara petasan , sambil nonton dorama :P.
singkatnya, nginep di kamar A***, makan minum minta ke F** dan A***, hehehehe. *ampe sekarang juga masih suka minta makanan, kekekek*. Terima kasih para uni....

Tanggal 2, nanda tangan kontrak. Terus bolak balik centrum-selwerd, jalan kaki,,,, kekekek, pegel pisan. Ceritanya sih nyari sepeda, tapi ternyata tokonya masih pada libur. Dihiasi hujan salju nan indah.

Tanggal 3, belanja ke IKEA, ditemenin M*****, makasih yak.
di IKEA ini belanja barang-barang lucu, pleus furniture. Pas nyampe kassa, terbentanglah total harga sekitar 221 euro, heuheuh, mantap belanjanya.
Terus ke bagian delivery service, keluar lagi uang 39 euro. Ieu mah, hasil hunting barang-barang murah OP=OP tuh abis sama delivery service, heheheh.

Tanggal 4, hunting ke Mama mini. Pertama... jalan kaki ke noordenplatsun... *pegel*
dingin lagi. gak ada yang cocok furniturenya. Ada dua pilihan, pergi ke oosterpark, atau helpman.
Jadilah ke Helpman, dulu kan Rachma tinggal di daerah itu, jadi meminimalisasi kemungkinan tersesat, heheh... [I'm not too good at reading a map ~_~]

Setelah milih barang-barang, dengan tambahan ongkos kirim 7.5 euro, total pengeluaran waktu itu sekitar 72.5 euro [maHAL :p]

Semua delivery datang hari Sabtu... saatnya superwoman beraksi, heuheu. Rachma dan F** ngangkat-ngangkat sofa, lemari, tempat tidur, pleus kursi.
Ih, pokoknya superwoman pisan lah, heuheu.
Kalo yang IKEA kan dianter ampe lantai 3, jadi tinggal merakit. Dengan modal nekat dan obeng hasil minjem, selse sudah dekorasi kamarnya.....

Deskripsi kamar kira-kira begini [perlu imajinasi tinggi :P]:

Deket jendela, ada tempat tidur.. bed cover warna putih berhiaskan bunga merah [dikasih M*****]. gak muat di sarungnya, Rachma beli ukuran 150-200, bed covernya 200-200. Jadi mesti beli bed cover baru :P.
Spreinya... warna piiiink, heheheh, sarung bantalnya juga. Oya, Rachma tambahin selimut tipis warna putih [di tengah] dan warna pink [di bawah bantal]. Ya, buatlah tempat tidur senyaman mungkin :D.
Jadi berlapis-lapis, biar anget :).
Di ujung tempat tidur ada lampu belajar warna putih, mayan terang, disimpen di pojok. Terus di deketnya, ada lemari pakaian, warna kuning kayu, di atasnya ada lampu juga, nyalanya lebih redup :D. Di pinggirnya ada meja belajar warna putih, dikasi taplak warna coklat muda [hasil magajiznnya IKEA :D] pleus kursi warna biru . Oya, di meja ada juga lampu belajar warna pink. [Rachma koleksi lampu =)), tinggal lampu bunder buat di atas langit-langit , gak ngeh mesti gimana masangnya ~_~]
Di belakang meja tadi, terbentang karpet berwarna merah maroon 170-200 cm. Mirip karpet Indo, bercorak kaya karpet iran. Bedanya karpet iran harganya ribuan euro, heheheh. Yang ini harganya worth, 35 euro, grass, :D.
Di ujung karpet, deket pintu, ada sofa, warna pink :P, bercorak. Pleus satu meja persegi berwarna kuning kayu, ada alas coklat di atasnya. Buat apa yak... ya biar mejanya gak polos banget :D
Di pinggir sofa, deket pintu, ada kursi persegi warna hitam, Rachma pake buat nyimpen rice cooker. Masih deket pintu, deket tempat tidur tepatnya...ada tempat sampah warna putih, terus ada satu lemari lagi, warna kuning kayu. Dengan modal nekat ternyata Rachma bisa ngerakit lemari sendiri, heheheh, bangga, walopun tangan pegel-pegel karena mesti masang-masang sekrup gede.

Bagian tengah yang tertutup karpet sengaja Rachma kosongin, biar tampak lega kamarnya. Oya, karena LANnya ada di pojok atas, jadilah ada kabel LAN sepanjang 10 meter di pinggir sofa =)).
kemaren ada yang request foto kamar, maaf, no photos. Indeed, you are welcome to visit my room.

Oya, tadi akhirnya beli sepeda seharga 75 euro. Yeah, whatever lah sama harga, yang penting punya sepeda, heheheh.
Besok mu ke gementee [berarti mesti nyiapin 188 euro yak], terus... ntar jum'at mu ke GGD, TBC test. Pleus ke zwolle. Ya, berharap administrasi-administrasi ini lancar. Ntar ke zwolle... anggap aja travelling :D [seringnya kan transit doang di zwolle, ntar mah coba tengok-tengok agak jauh ah].
tadi periksa rekening... [dengan segitu banyaknya pengeluaran, belum housing bulanan... takut defisit]. tapi... jreng jreng, ternyata beasiswa tuh dah masuk sejak 24 desember, heuheu. Dan surprised, angkanya jauh lebih tinggi dari yang ada di kontrak... ngg yang dibicarain sebagai dampak inflasikah? [alhamdulillah, dah harus mulai ngitung zakat nih....]

--[[9.48 p.m]]--

0 comments:

Popular Posts