Sunday 3 February 2008

A day missed

Baru bangun tidur...
pening
:yawn:

and I don't like the feeling I have this time. Kind of worried, a little bit of anger, and a piece of disappointment. Gejala ini biasanya Rachma rasain kalo emang lagi khawatir :P, bangun tidur abis mimpiin hal-hal jelek, atau karena minum kopi [efek kafein]. Rachma dah lama banget gak konsumsi kopi, dan nggak pula lagi khawatir, dan gak inget pula rincian tadi tuh mimpi apa. Perlu sesuatu untuk mengalihkan perhatian, and it's writing wink, lagi gak mood buat nge-youtube, heheh.

Anyway, besok Rachma mu ke Lunteren, ada seminar "Dutch polymer days". Acaranya dua hari. Diliat dari list reservasi hotel, tampaknya Rachma akan sekamar dengan orang jerman, PhD student, and of course a vrouw mrgreen.

Oya, Rachma mau cerita. Minggu-minggu lalu ada undangan masuk ke email. Isinya, lunch invitation for chemistry female scientist [PhD student dan female tennure track dan female professor] hari Selasa, minggu kemaren. Sounds feminist? cool

And yes, it is. Feminis banget lah, hehehehe. Setelah nanya-nanya di mana itu ruangan VIP, ternyata Rachma lewat ruangan itu tiap hari :lol: , heuheu, dan ruangan itu ternyata bernomor 'satu'. Pas dateng ke ruangan, nggg... Para PhDs sedang berkumpul!
agak ngeri , hehehe mrgreen.
Kalau di lab pun, suka ngeri kalo liat para mahasiswa PhD itu berkumpul dan asik dengan diskusi risetnya. Yang nanti di Lunteren, Rachma akan liat lebih banyak para scientists berkumpul. Kenapa ngeri? karena... there are so many potential knowledges running between their heads mrgreen, heheh.

Oya, pertemuan bulanan itu dipimpin oleh R** B****, beliau sempet ke Indo beberapa bulan lalu untuk mewawancara para kandidat beasiswa biggrin. Siapa menyangka kalau beliau ternyata sangat keibuan. Ah, pokoknya ya, inti pertemuannya lebih ke ajang curhat, cerita-cerita, dan ajang menyuarakan hak-hak ilmuwan perempuan. I was amazed, really. Pas cerita ada kasus-kasus defense yang di luar dugaan, contoh:

Ada phd student, perempuan, defense terakhir. Defensenya lancar, bagus. Saat itu, R** berlaku sebagai promotor mahasiswi tersebut. Terus, kan di akhir itu sebelum ngasi degree, supervisornya ngasi speech. Yang bikin kagetnya, speech supervisor ini sangaaaaaaaaaaaaaaaat kasar, jahat, nyakitin. Berhasil membuat mahasiswi tadi nangis, dan membuat R** emosi, yang mana beliau masih bisa meng-handle, meminta MC meng-cut. Untungnya di acara defense itu, ortu mahasiswinya gak hadir, karena kalau hadir, ntah bagaimana reaksinya mendengar anaknya dihina abis-abisan kaya gitu. Singkat cerita, R** menegur supervisor tadi beberapa hari setelahnya, - dengan kata-kata yang betul-betul di luar dugaan akan keluar dari seorang promotor sekelas R** - mrgreen. Dan sang supervisor pun tampak sangat shocked, sampai akhirnya kena serangan jantung masuk rumah sakit. See? rolleyes.


Untungnya sang mahasiswi udah dapet kerja di sebuah perusahaan bonafid di Holland. Let's say... mahasiswi ini tidak berani konfront dengan supervisornya. Almost everyone in the room agreed that what her supervisor had done was terrible. Dan Rachma pun bingung kenapa kok bisa kaya gitu.

Anyway, I find it's interesting that in fact, female scientist are less than male. Bahwa ternyata segitu niatnya R** meng-encourage kami, [future] female scientist razz, untuk tetap semangat dalm berkarya. [Halah, jadi asa nasionalis kieu, heheheh :P]. Pantesan kalo liat lowongan beasiswa, sering ada tulisan 'woman applicant are strongly encouraged to apply...'.
Yang lucu lagi, katanya sekarang telah diberlakukan larangan menerima mahasiswa asal Iran kuliah di Eropa, karena dikhawatirkan mereka akan 'mencuri' ilmu/informasi tentang nuklir. They called that nonsense, and the university had been trying to find the solution. Well, as you know, a chemist always has solution :P.

peningnya masih kerasa, tapi harus segera istirahat biar besok bisa bangun pagiiiiiiiiiiiiii mrgreen, kumpulnya jam 7 pagi [ di mana itu masih gelap sodara-sodara...dingin deuih :sigh:]. Kalau ym besok jam 6 pagi CET [jam 12 siang WIB] terlihat idle, buzz dunkkkk smile

-kangen Indo, kangen... semua confused... kalau lagi ngerasa gak nyaman gini, tidur di pangkuan Mama manjur banget tuh.... -



Kimi ni aitakute... aitakute....

0 comments:

Popular Posts