Friday 15 February 2008

Learn to read, read to learn

I looooove my days

:eheh:

Hari senin kemaren, tiba-tiba datanglah sang meja baru ke kantor Rachma. Yang pertama Rachma liat bentuknya kotak berwarna kuning khas furniture kayu. Setelah balik lagi ke lab organik -karena Rachma minta zat yang ada di lab mereka mrgreen- kemudian dengan segera menuju kantor tercinta.... tadaaaa, ternyata meja pesenan itu adalah meja bentuk L, jadi total ada tiga meja. Pleus ada bonus dua lemari kecil dengan warna senada. Setelah diatur sedemikian rupa biar muat di kantor, akhirnya.... yuhuuu, serasa kantor beneran, heheheh. Kalo kata temen seruangan, tinggal pesen kulkas, terus tambahin aksesoris macam poster razz. Berhubung Rachma kurang suka masang tempelan-tempelan di dinding, jadi yang kepikiran adalah: membawa vas bungaaaa, biar cantik kantornya razz.

So, the following saturday to do is.... shopping....
siap-siap liat tanda korting, opruiming, dan sejenisnya... wink
Walo sebenernya paginya ada acara, siangnya ada acara... *sok sibuk razz*... tapi pengen nyempetin belanja ah, biar refreshing...

Jadi, kenapa judulnya learn to read, read to learn... itu karena kemaren-kemaren Rachma bergoogling ria mencari cara bagaimana membuat radio online. Setelah googling sana sini, nanya sana sini [gak deng, sebenernya nanyanya cuman ke beberapa orang mrgreen]. Awal-awal googling, masih belum kebayang, lieur... banyak yang mesti diset up. Terus akhirnya ngontak salah satu DJ PPI Jerman, walo gak sampe ke tataran set up, tapi di segi tataran teknis saat siaran, alhamdulillah dapet banyak pencerahan [makasih K N***** wink]. Karena masih coba-coba, belum kepikiran buat beli domain, yang sebenernya sih pengennya mah gratis ajahhhh, heuheuheu. Akhirnya dapet cara bikin server, beruntung pula karena internet YB ngasi IP luar, hahaha, bandwidth tinggi pulak mrgreen. Jadi selain bisa broadcast online, dah bisa ngaktifin lagi ftp pribadi, hehehe.

Untuk masang server, Rachma nanya salah satu admin ITB. Ya sedikit banyak membantu, walo gak langsung ke tataran setting radio [nuhun pisan K B*** wink]. Sempet ngontak salah satu pengurus radio kampus ITB, tapi ntah mengapa beliau teh tidak tau menau mengenai broadcast online, atau mungkin males ngasi tau... ck ck...dasar pelit [haha, ngeluarin unek-uneknya di sini razz].

Setelah nyoba siaran, muter lagu, dan minta seorang teman untuk ngakses tuh radio.... akhirnya.... bisa broadcast juga. Horeeee mrgreen.

Encoder yang Rachma pake adalah AAC+, mengingat ini servernya langsung ke kompie Rachma, dengan kata lain ngambil jatah bandwidth kamarkuwh, jadi harus dicari yang efisien... kualitas tinggi tapi bandwidth rendah. Dengan AAC+ 32 kbps [setara mp3 96 kbps], suara mayan jernih, dengan delay sekitar 2 menit [tolong ya, masa gratisan pengen tanpa delay juga?] heheheh...padahal mah pengen pisaaaaaaaaaan razz, tapi masih belum nemu apa yang mesti dikotak-katik.

Oya, kenapa ngotak-ngatik broadcasting,,,, karena dalam rangka mendukung program salamaa, yang cenah kalo pengajian online lewat conference ym suka hang [ya iya ateuh, sekian banyak orang make voice,,, yahoonya jadi pusing,,, kekekek], jadi salamaa harus punya stasion sendiri. Tambahan lagi, Rachma kalo ikut conference salamaa, pasti we voicenya gak aktif, heuheuheu... dasar vista!
Karena ini untuk sekali-kali aja, Rachma sih males banget beli domain, tapi tergantung sang ketua ketang mrgreen.

Ntar malem rencananya mu ngotak-ngatik lagi... mu nyoba di 64 kbps yang harusnya sih kualitas lebih tinggi dan tentu saja perlu bandwidthnya juga gede razz. Tapi, tentu saja, karena AAC+, jadinya sekarang masih bingung nyari program yang bisa diembed ke blognya salamaa. Masih dikit yang support encoder AAC+, rata-rata player terbaru dari winamp, iTunes, foobar2k, dsb. Mengingat ini peserta salamaa kebanyakan ibu RT, jadi -bukannya under estimate-,,, agak ragu kalo di kompie mereka terinstal audio player seri terbaru. Lebih mudah juga kan kalo tinggal browse blognya, terus ngeklik plugin di web itu...

so, anyone knows how to embed AAC+ streaming into website? Your suggestions are very welcome...
*Rachma dah googling, tapi belum nemu yang tepat*

Yang kepikiran sekarang baru seperti ini: [perlu audio player terinstal di kompie]



Radio online Salamaa [AAC+ stream]
Listen using Winamp 5.1 or higher
Other options using VLC [linux], iTunes [Mac/PC], Foobar2k [PC], or Ampx [PC]


*Kalo gak terdengar apa-apa, ya berarti Rachma lagi gak siaran, heheheh razz*

Hari ini sunny banget... ini teh winter bukan? mrgreen

6 comments:

amircool said...

heran...kamu ni sarjana kimia atau network si? mau ganti jurusan yah? :D

Rachmawati said...

Amiiir...

Ini mah...network sebagai bagian dari hobby, hehehe :D

sok atuh sarjana elektronya keluarin... Rachma perlu bantuan embed streaming ACC+ nih

ganDA RAHman garNADI said...

itu namanya multiskill ..., kayak bang amir (halah!), ahlul elektro plus kritikus filem...

Rachmawati said...

Abang? umurnya lebih tuakah? :-/

Emang menyenangkan kalo hobi naik derajat jadi skill, hehehe

Anonymous said...

kalo bisa sih diseriusin deh Ma,
bareng2 sama anak PPI Belanda...
terus dikasih jadwal rutin siaran, kaya'nya bagus buat silaturrahmi...

Rachmawati said...

Yah, buat Salamaa aja dulu. Ini aja kadang masih bermasalah di bagian teknis :). Sekarang lagi nyari yang punya software virtual audio cable [full version], barangkali Jaya punya? upload dunk, somewhere on rapidshare :D

Popular Posts