Sunday 1 June 2008

Normal daily life

Setelah beberapa minggu di lab ampe malem, kadang week end pun bertapa di sana... akhirnya... punya kehidupan normal lagi... mrgreen. Normal artinya banyak waktu buat jalan-jalan, nonton, masak, bakery, belanja, dan sejenisnya, hehehe. Soalnya pas lagi masa sibuk [sok sibuk sih tepatnya razz], kalo Sabtu teh bawaannya hibernasi, terus bukannya belanja malah nge-lab. Kalo hari kerja... pagi-pagi dah stand by di lab, dengan berat hati harus betah di sana ampe malem. Tidur gak bener pleus sering masuk angin deuih. Karena lagi sok sibuk ... kalo buat makan ya bawa bekel seadanya, kadang... eh seringnya ketang, suka nyari makan gratis, heheh, kalo gak ke para uni di lantai 6, ya ke lantai 8. Pokoknya itu mah lebih tepat disebut merampok daripada meminta makanan, heheheh mrgreen.

Sabtu kemaren asli hibernasi ampe siang, terus sorenya belanja ke IKEA. Kalo dah di IKEA nih, susah buat ngebatesin budget, suka adaaaa aja barang lucu, udah gitu teh suka gak kerasa belanjanya, hehehe. Berangkat sekitar setengah 3 ke sana bareng L**. Dengan semangat 45 kita mengayuh sepeda ke Oosterpoort tempat IKEA berada. Nyampe sana, langsung menuju lantai satu, dan mulailah hunting barang-barang lucu biggrin. Dimulai dari beli kotak lucu buat nyimpen barang-barang kecil, terus berlanjut ke peralatan dapur. Sebenernya, tujuan Rachma ke sana cuman mau beli wajan gede sama pisau daging. Tapi pas udah di IKEA nya mah, jadi banyak ajah yang dibeli... heheheh. Dengan penataan dan showroom yang cantik, kalo lagi di IKEA teh jadi suka tiba-tiba pengen punya rumah... jadi keinginan belanja dan mendekor tersalurkan mrgreen.

Pas lagi di daerah peralatan dapur, Rachma nemu satu set sendok penakar warna merah, imut, bagus. Harganya sekitar 1 euro, yeah, why not, masukin troli. Udah gitu teh nemu lagi alat peeling wortel dan kentang, harganya juga sekitar 1 euro-an, masih murah, masukin troli. Terus ke bagian wajan, Rachma kan nyari wajan gede yang sekalian bisa buat ngukus, jadi kalo bikin tesmol ikan misal, bisa sekalian bikin banyak. Setelah nyari-nyari, akhirnya nemu... harganya mayan mahal 16,5 euro... Setelah mikir-mikir... ini teflon, terus bentuk wajannya juga lucu [kelucuan itu ngaruh pisan, faktor penentu dibeli ato gak mrgreen], masukin troli deh. Terus nyari pisau daging... ngg... ngomong-ngomong, pisau daging yang bagus teh yang pegimane? heheheh, Rachma ge gak apal razz, yang penting terlihat tajam, agak lebar, dan bentuk kotak standar pisau daging, akhirnya... milih satu pisau, harganya mayan mahal ... sekitar 6 euro-an [sebenernya males beli, soalnya di dapur biasanya pake pisau seharga 50 sen, dan itu teh udah tajem razz], tapi mengingat tenaga Rachma teh gak cukup buat motong-motong daging skala besar, jadi terpaksa harus beli pisau yang lebih tajam. Mungkin nanti mah mesti nyari pisau yang pake listrik ajah, heheheh. Oya, di sini juga nemu serok bagus, tapi hargana 3 euro [kenapa ya, kalo barang lucu teh harganya juga ikutan lucu... rolleyes].

Belanja berlanjut ke peralatan gelas. Dan tadaaaa, di sini nemu piring dan mangkok lucu, warnanya pink, bagus mrgreen. Sebenernya gak perlu piring, tapi tetep we beli, heheheheh, abis lucu sih razz. Terus ke bagian kain-kainan, ada bed cover bagus, terus ada bantal, seprei... yak, masukin troli. Menuju bagian lain, ada karpet kecil lucu, well, harga masih di bawah 10 euro, boleh deh masukkin troli... Begitu dan begitu, ngumpulin barang-barang lucu, ampe gak kerasa sang troli pun akhirnya penuh, dan sudah jam 5 sore mrgreen. Jadilah menuju kasir... gesek kartu... dan tadaaaa ternyata belanja abis sekitar 113 euro-an.... weheheheh, belanja di IKEA mah emang gak kerasa, perasaan sih beli yang satu euro-an, atau yang harganya di bawah 10 euro. Tapi kalo banyak mah emang nyampe juga ke angka 100, heuheu :sweaty:.

Dari IKEA sana, kita berdua menuju Nieuw Kerkhof, nitip barang-barang hasil belanja. Terus berangkatlah kita menuju Pathe: nonton Indiana Jones, hehehehe. Nontonnya ber-6, para PhD kimia-ers yang sedang nyari refreshment dari rutinitas lab. Asalnya Rachma gak berencana ikut, tapi melihat yang akan datang adalah para kimiawan itebeh, yah, boleh deh ikut, lagi males diem di housing juga. Filmnya... mayan rame, tapi banyak anak kecil itu teh yang nontonnya biggrin.

Hari Kamis dan Jum'at itu ada pertemuan ma professor dari Jerman, beliau teh ngadain kolaborasi sama supervisor Rachma di sini. Kebetulan, studentnya teh ngerjain modeling dari riset yang Rachma kerjain sekarang. Jadilah Rachma presentasi ini itu, ngajuin model molekul yang mu disintesis. Alasan sebenernya sih, karena desain molekulnya lucu. Di sini pan dibebasin mu bikin apa aja terserah, with unlimited resource cenah, heuheu, jadi boleh beli apa aja yang mendukung riset, sok-sok wae. Tapi kalo bilang sama professor mah pan kudu rada ilmiah, berargumen terstruktur, harus meyakinkan. Masa atuh Rachma teh mau bilang, "I want to synthesize this cute molecule...bla bla bla", heuheu, bisi pingsan professorna. Harus pinter bicara mrgreen, dan pede, hihihihi. Kalo secara ilmiahnya kan "molekul ini menarik, struktur kaya gini memungkinkan aplikasi di biomedis, sebagai drug delivery system, ato kalo di industri sebagai dyes, bla bla bla...". Say all the words confidently, impress them, and don't forget to give your best smile mrgreen.

Terus malemnya teh kan ada dinner, terus kita teh makan di Fritelli, restoran Itali gitu deh. Rachma dah siap-siap aja bawa uang, da di sini mah susah nyari gratisan, heuheu, ada kan frase Inggrisnya: "go Dutch", artinya self service, bayar sendiri, usahain sendiri. Rachma pesen pizza lipat vegetarian sama jus jeruk. Jadi inget PH-nya Indo [kangen rumaaah ~_~]. Tapi ternyata ini mah gratis makan-makannya, dibayarin supervisor Rachma [mungkin karena beliau mah orang Jerman, jadinya "go Germany" biggrin]. Ngobrol-ngobrol sama professor tamu tea, waah, senang, beliau teh baik banget... tipikal bapak-bapak orang Eropa gitu lah. Beliau nanya gini, "kalo di universitasmu dulu ada kuliah yang memang disampaikan dalam bahasa Inggris?", terus Rachma jawab, "nggak". Terus beliau tanya lagi, "terus bagaimana bisa bahasa Inggrismu bagus sekali, kamu baru mempraktekan bicara bahasa Inggris di Belanda ini kan?". Rachma sejenak mikir, sering sih denger kalo pronunciation bahasa Inggrisnya orang Indo tuh emang mayan bagus, dilihat dari fakta bahwa orang Indo bukanlah native speaker. Jadinya Rachma jawab, "ada sih pelajaran bahasa Inggrisnya, ya latihan bahasa Inggrisnya di situ" ... [gak terlalu menjawab sih sebenernya mrgreen]... dan obrolan pun berlanjut ke hal-hal gak penting, hehehe, kaya Rachma nanya professornya "lebih seneng di mana, Jerman ato Belanda?"... "gimana pengalaman waktu ke Cinanya?"... atau kaya "kapan-kapan kunjungi Bandung..."... sampe cerita tentang keluarga juga, heuheu... campur sari eta mah ngobrolnya mrgreen. Jum'at paginya teh disambung rapat deui, ampe eneg Rachma ikutnya... kayanya cape meureun, da pas meeting teh pengen cepet udahan ajah, gak enak badan. Jadilah pas diajakin lunch, Rachma kabur, bilang "I have something to do", da emang mau ngolah data GPC, hehe. Abis gitu ke kantor, ngeyoutube, sempet nonton Indonesian Idol malah, terus tiduran biggrin.

Oya, pas malem Jum'at itu... Rachma mimpi buruk, heuheu, aneh tepatnya, at least that's what I feel. Rachma kan suka dengan asal bilang gini, "kalo udah disuruh-suruh nikah tuh suka pusing, kadang biar orang-orang tuh diem, suka pengen tiba-tiba punya suami aja, jadi tinggal menjalani hidup sebagai istri, gak usah pusing-pusing berproses milih calon dan segala aspeknya".

Nah, mimpi Rachma persis kaya gitu, jadi di mimpinya Rachma bangun tidur dan tiba-tiba ada cowok di samping Rachma. Yaddaaaaaa... saha eta??? :ayokona:
Ntah gimana ceritanya, jadi orang itu teh cenah suami Rachma... Omigod...omigod... :waaah:
panik sendiri ini mah, how come??? kenal ge henteu....:hilo:
Di mimpinya teh, cowok tadi tuh dengan sabarnya ngejelasin kalo dia teh cenah suami [nya tetep we Rachma tidak terima, suami dari Hongkong??? :galit:]. Pas dia megang tangan Rachma kerasa banget dong gak ridhonyaaaaaa..... [siapa kamu pegang-pegang tangan Rachma??? Ih, males banget deh :argh:]

Singkat cerita, pundung lah Rachma... pokoknya ninggalin cowok tadi, sambil mikir-mikir ...kok bisa sih dia jadi suami Rachma... aduuuh, kenal juga kagak... :tsk:. Terus ya, pas Rachma lagi sibuk mikir dan bertanya kenapa dan kok bisa, tiba-tiba ceritanya udah 13 bulan Rachma ninggalin rumah... heuheuheu, terus nyadar deh 13 bulan kok cepet betul, bukannya itu berarti udah lewat satu tahun yak? mrgreen. Jadilah di mimpi itu, Rachma mendoktrin diri, ngumpulin akal dan nalar. Selalu Rachma inget, kalo sama suami itu harus ngasi respect dan honor, mau gimana dan siapapun dia, kalo udah jadi suami, harus dihormati dan dihargai. Kepikiran juga, mau sampe kapan Rachma ninggalin rumah coba, pan itu teh Allah gak ridho meureun sama istri yang kabur dari rumah... hihihi, pokoknya di mimpinya segala macem doktrin bermunculan. Jadilah Rachma ceritanya kembali ke rumah menemui orang tadi. Dengan diplomatis tea bilang kalo Rachma teh emang gak punya feeling buat dia tapi akan berusaha buat mencintai dia, memperlakukan dia selayaknya suami.

Jadilah si cowok itu teh dengan sumringahnya memperlakukan Rachma baiiiiiiiiiik banget, mau apapun diiyain, pokoknya nunjukkin kalo dia teh sayang sama Rachma. Tapi... tau gak apa yang Rachma rasain? Jadi ya, Rachma teh ngerasa dia baik, dia perhatian... tapi tetep aja hati Rachma tuh kerasa kosoooooooooooong banget, hampa gitu lah. Dan jadinya, di mimpi teh... Rachma kaya ngejalanin peran aja itu mah, sebagai istri, tapi kerasa banget ... gak bahagia. Sampai akhirnya Rachma nangis di mimpi teh, terus kebangun dengan keadaan deg-degan pisaaan, siga yang udah lari berapa kilo razz. Pas bangun ngerasa bersyukur banget... cuman mimpi... cuman mimpi... :sweaty:.

Hehehehe, makanya ya jangan suka sesumbar... mesti jujur sama diri sendiri, nya pengen nikah teh sama yang Rachma suka. Bukan karena alesan pengen taat sama mu*****, atau pengen bikin orang lain senang. Milih pasangan teh pengen karena emang hati Rachma memutuskan sendiri bahwa orang itu yang Rachma terima jadi imam Rachma. Jadi kalo apa-apa teh, Rachma bertanggung jawab sama keputusan yang dah Rachma ambil, gak akan nyalah-nyalahin orang lain. Jangan sok iye lagi, udah tau kalo Rachma teh emang susah buat jatuh cinta, jadi prinsip witing tresno jalaran soko kulino teh gak terlalu mempan buat Rachma mah, termasuk di dunia mimpi, hihihi mrgreen.

Kalo mikir-mikir masalah gini tuh, suka inget novel Cinta yang Terlambat. Ada dua quote dari novel itu yang Rachma suka. Yang pertama itu kira-kira bunyinya gini: "Jika kebanyakan wanita berdo'a agar ia dapat menikahi pria yang ia cintai, maka aku berdo'a agar aku mencintai pria yang aku nikahi". Rachma suka quote ini biggrin, cuman kalo berdo'a suka ditambahin, "sebelum nikah pun pengen ada kecenderungan hati sama sang calon imam". Soalnya... rada gak kebayang kalo belum ada rasa suka sedikit pun... eek.

Alasan pengen mencintai suami... ngg... kira-kira latar belakangnya kaya gini... [hehehe, siga lagi bikin report aja ini mah mrgreen]. Jadi, Rachma itu penasaran... dari tulang rusuk siapa Rachma diciptakan. Let's say... I'm so excited to meet the person, really excited. I imagine that meeting him will be like finding the half fragment of my soul, the missing piece, thus I will be feeling complete. Karena itulah, pengeeeen banget bisa mencintai suami secara haq. Soalnya... hmm... kan Rachma juga gak tau jatah umur Rachma tuh sampai kapan. Jadi pengen mentreasure semua hal, pengen meng-capture semua moment, try to do my best di apa pun yang sekarang berhubungan sama Rachma, pengen umur tuh bener-bener optimal... karena ... ya, sebaik-baik manusia itu yang banyak manfaatnya buat manusia lainnya, khoirunnaas angfa uhum linnaas. Pengen ngasi kontribusi real buat keluarga, buat orang-orang sekitar...

Kalo dalam hal mencintai, pengen bisa mencintai seseorang as best as I can. Kaya lirik lagu "all the way", inspiratif banget tuh tentang cinta-mencinta biggrin. Ada kebahagiaan tersendiri kan kalo bisa mencintai seseorang sebaik mungkin, bisa ngeliat dia tersenyum, tertawa, bahagia. Apalagi kalo sama yang namanya suami. Pengen banget berusaha sebaik mungkin... menjadikan semua momen tuh berharga untuk diingat, dikenang. Ntah sampe kapan coba Rachma bisa mendampingi suami, da umur mah gak ada yang tau. Makanya, pengen bisa membuat dia tersenyum dan bahagia tiap hari, bahagiamu bahagiaku lah pokoknyah mrgreen. Jadi kalo nanti dihisab, setidaknya Rachma punya sesuatu yang bisa dipertanggungjawabkan dengan kepala tegak di hadapan Allah [mudah-mudahan bukan termasuk kesombongan]: ketaatan sama suami. Bahwa Rachma teh udah berusaha sebaik mungkin menjalani tugas sebagai istri di setiap momen yang udah dijatahkan sama Allah. Nah, Rachma mah lebih takut mempertanggungjawabkan hal-hal tentang hidup kaya gitu daripada mikirin hidup glamour pleus gemerlapnya dunia... Mikirin tentang yaumul hisab teh lebih berat daripada mikirin banyaknya paper ilmiah yang harus dipublish... hihihihi mrgreen.

Terus ya, kamari teh Rachma ngobrol-ngobrol sama temen, pokoknya jadi ngobrolin tentang mahar. Ntah gimana ceritanya... jadinya dia nyimpulin kalo seandainya Rachma minta mahar sama seseorang, pasti mintanya gak jauh-jauh dari berlian. Heeeeee??? Kok bisa muncul kesimpulan kaya gituh :ha?:.

Tercemar ini mah, kesannya matre pisaaaan, heuheuheu, jadi ngeri sendiri. Kalopun Rachma tau banyak tentang berlian, ya itu mah pengetahuan umum atuh, ato anggap I know that as a chemist mrgreen. Kalo masalah mahar mah, Rachma lebih suka ngejawab: seridhonya calon suami mau ngasi mahar apa. Bisa ada umur ketemu sama sang pemilik tulang rusuk aja udah seneng bangeeeet, apalagi kalo bisa berpetualang menjalani hidup bareng dia, lebih dari cukup itu mah. Gak kepikiran buat minta yang macem-macem, terserah si Aa mau ngasih apa maharnya, Rachma mah seneng-seneng aja. Soalnya... apa ya, sesuatu itu tergantung yang ngasih sih, kalo dari orang yang spesial mah.. yang biasa-biasa pun jadi spesiaaaaaal.... hihihihi.

Iya sih, mahar itu hak perogratif istri, tapi... mmm... jadi gini,,,, iya... Rachma ngaku suka sama benda-benda sparkling, lucu sih, bagus [walo harganya ikutan lucu juga mrgreen], tapi kalo meminta barang mahal sebagai mahar... hmm... Rachma mah gak siap sama hisab di akhiratnya... heheh, takut gak bisa mempertanggungjawabkan itu dengan benar. Padahal mah hak ya itu teh, tapi tetep aja kerasa takut. Jadi rasa takut itu teh jauh mengalahkan rasa pengen punya benda-benda kaya gitu. Ntah lah, lebih suka terserah suami aja ridho ngasinya apa, I will for sure treasure it as best as I can wink. Gak apa-apa yang sederhana juga, asal Allah ridho, asal barokah buat semua... udah seneng Rachma mah.

Eh, tapi... kalo dibolehin minta mahar... ngg... Rachma minta "hati" nya aja jadi mahar, hehehehe [boleh gak yah? heuheuheu]. Ini ada hubungannya sama quote kedua yang Rachma suka di novel Cinta yang Terlambat, isinya kurang lebih gini: "Sungguh beruntung seorang suami yang menjadi cinta pertama istrinya, tapi lebih beruntung lagi seorang istri yang jadi cinta terakhir suaminya". Jadi, kalo boleh minta, Rachma minta maharnya itu aja, his one and only heart....
[hehehe ,,, pemikiran yang aneh mrgreen].

Terus.. waktu kapan ya... malem Selasa kalo gak salah, Rachma mimpiin seseorang, hehehe. Jadi di mimpinya itu, dia ngejelasin tentang sholat sama Rachma, tentang keutamaan sholat tepat waktu. Rachma merhatiin dalil-dalil yang dia sebutkan... ya suka aja sih kalo ada yang ngeshare ilmu mah. Rachma juga ngeliat dia sholat, tapi anehna Rachma teh cuman merhatiin doang, bukannya ikut sholat biggrin. Terus, ntah gimana ceritanya, jadi ngobrolin kuliah, riset, dan tiba-tiba Rachma teh ngeliat dia nangis. Tiba-tiba aja, kerasa ikutan sedih juga [ini yang punya masalah siapa.. ikut-ikutan sedih ajah razz]. Udah gitu teh ya, kerasa lebih sedih lagi karena Rachma teh tidak melakukan apa pun untuk orang itu [ini mah di mimpinya Rachma terlalu menghayati scene kali yak, heuheu]. Pas bangun dari tidur... rasa khawatirnya masih kerasa... padahal itu teh cuman mimpi. Udah mendoktrin diri juga... cuman mimpi Neng... gak usah segitu khawatirnya... tetep teu mempan.... Kadang ngerasa... wah, ini mah penjajahan terselubung, bikin Rachma khawatir gak jelas gini rolleyes, padahal udah jelas-jelas itu teh cuman mimpi... dasar si Eneng...berdo'a sebelum tidurnya harus lebih khusyu ini mah.

Oya, hari ini adik Rachma yang cowok tuh milad. Dan tetehnya ini dengan gak sopannya lupa kalo 1 Juni teh miladnya dia, heheheh [nyalahin reminder HP yang gak bunyi mrgreen]. O tanjoubi omedetto, otouto wink.

Dan... ini dia video of the week yang sering Rachma liat, ampe hampir semua video tentang anak kecil ini Rachma liat... hihihi.















Efeknya, jadi pengen punya anak mrgreen.

4 comments:

Anonymous said...

*geleng-geleng kepala

hebat bisa curhat kaya gini.
semoga sudah dekat dengan jodohnya, amin.

Rachmawati said...

Amin ya rabbal 'alamiin.

*biasanya juga kan emang curhat :D.

Anonymous said...

Hmm...
Ini mirip reportase lengkap dari TKP (tempat kejadian perkara),hehe...

Kalo bangun tidur trus lupa tadi malem mimpi apa, artinya apa ya..?hehe..

Rachmawati said...

hehehe, berarti fresh tidurnya [meureun :P]. Lagian, gak setiap mimpi inget kan :D

Popular Posts