Wednesday 3 September 2008

Ingat...

Sembari menunggu mood untuk mengisolasi sang enzim [hayah, pokokna mah moodna hese pisan datangnya... rolleyes]... Rachma mu nulis apa-apa yang keingetan tentang Ramadhan.


1. Niat

Yang Rachma tau tentang niat shaum Ramadhan, yang jelas mah hukumnya wajib, dan wajibnya tuh tiap hari [kalo mu shaum, kalo lagi libur mah ya libur ajeh razz]. Waktu ngucapin niat shaum Ramadhan itu adalah setelah maghrib sampai sebelum shubuh.

Kenapa penting?
Karena... [ini menurut guru SMA, ustadz di kampung halamankuwh juga bilang hal yang sama], kalo misal lupa berniat shaum, maka "tetep wajib shaum, dan juga wajib mengganti shaum di hari lain". Dan walopun di buku agenda Ramadhan ada niatan shaum buat satu bulan, mereka mah cenderung keukeuh sama niat per hari ini. Jadinya, nyari aman aja lah ya, niat tiap hari smile.

Dan Rachma pernah ngalamin ituuuuu... Jadi karena pas sahur diriku tidak banguuuun, haha, udah gitu nyalah-nyalahin Mama kenapa gak ngebangunin, dan Mama dengan nyantainya bilang kalo beliau teh sudah melakukan segala daya upaya untuk membangunkan Rachma mrgreen. Menyadari bahwa Rachma mah emang susah bangun, heuheuheu, jadi hukum niat itu perlu sekali diverifikasi. Setelah nanya ke sana ke mari, ya tetep we jawabannya sama, wajib tetep shaum, tapi wajib juga shaum lagi di lain hari.

Dari situ mulai tertanam "jangan pernah nganggap enteng NIAT ". Jadi kalo mu amannya, berniat setelah buka shaum, pokoknya kapan pun kalo lagi inget, niat dulu deh, heheheh.


2. Hal gak penting

Dulu, ada tetehnya temen ngebatalin shaum karena... kalo gak salah beliau teh ngomongin orang ato apa gitu. Dulu mah temen Rachma teh cerita kalo Tetehnya tuh sportif, tau kalo itu teh gak boleh kalo lagi shaum, jadi aja beliau teh makan [karena mengganggap shaumnya telah batal].

Jadi setelah bertanya-tanya, hal-hal gak penting itu [yang dianggap wasting time] tidak membatalkan shaum, tapi mengurangi pahala shaum. Jadi kalo bergosip, jangan sampe tuh gosip dijadiin alasan buat ngebatalin shaum.

Tapi semalem teh, Rachma baca di blog orang, yang namanya wasting time itu kalo kitanya gak enjoy, kalo enjoy mah wasting time tuh dianggapnya refreshing. Nah lo? Kamus pembenaran bertambah, hehe razz.

3. Mandi

Berhubung Rachma suka rada malas-malasan kalo mesti mandi wajib jam 3 pagi, dingiiin confused...jadi hukum mandi itu amat sangat wajib diverifikasi mrgreen. Yang Rachma peroleh infonya, mandi wajib itu bukan syarat shaum, tapi syarat sholat. Jadi gak harus mandinya sebelum imsak, yang jelas mah mesti sebelum sholat shubuh.

Kalo di sini sih mungkin gak masalah, soalnya gak tergantung musim, pasti mandinya pake air anget, hehehehe. Padahal lebih sehat mandi pake air dingin ya... hmm...


Dah ah, segitu dulu. Mu masak di lab smile, soalnya nih enzim diisolasi dari kentang, jadinya Rachma mesti bawa-bawa alat peeling dan blender ke lab, dah mirip dapur aja ieu mah.

0 comments:

Popular Posts