Sunday 1 March 2009

Österreich



Bagi Anda penyuka musik klasik, tentu tidak asing dengan negara kelahiran Mozart: Österreich. Lebih dikenal dengan nama Austria, negara republik yang beribukota di Vienna ini berada di kawasan Eropa tengah, berbatasan dengan Jerman dan Ceko di sebelah utara, Slovakia dan Hungaria di sebelah timur, Slovenia dan Italia di sebelah selatan, serta Switzerland dan Liechtenstein di sebelah barat.




Ingin menikmati suasana Eropa yang romantis? Mengunjungi tempat-tempat bersejarah dunia? Ingin bermain ski di kawasan pegunungan Alpen? Atau mungkin ingin mengunjungi perusahaan kristal ternama Swarovski? Maka Austria bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda di Eropa.

Tinggal di utara Belanda tentunya tidak menghalangi niat untuk menjelajah dunia. Tim ekspedisi rihlah deGromiest kali ini menyempatkan diri menjajaki tiga kota yang biasa menjadi tujuan kunjungan ke Austria: Salzburg, Vienna, dan Innsbruck. Sebagai mahasiswa yang tentunya lebih memilih posisi sebagai backpacker, ada beberapa hal umum yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari:

- rute perjalanan dirancang dan ditentukan secara cermat [tujuan wisata, termasuk estimasi waktu: jadwal buka tujuan wisata serta jadwal bis/kereta], berkaitan dengan lokasi hostel yang akan dibook serta estimasi tiket yang harus digunakan
- hostel dipesan paling telat dua minggu sebelum berangkat. Lebih cepat lebih baik karena memungkinkan mendapatkan hostel/apartemen murah. Hostel bisa di cari di hostelworld atau di hostelbookers. Harga per kamar/orang/malam berkisar antara 13-30 euro.
- jika akan menggunakan pesawat, dibook jauh-jauh hari di skyeurope, easyjet, atau ryanair. Jalur darat bisa ditempuh bis atau kereta. Bagi pengguna Interrail global pass, Anda akan mendapat souvenir USB stick 256 MB jika memposkan travel report Anda, yang tentunya gratis biaya pos. Dengan Interrail global pass, Anda juga mendapat diskon tiket kereta 50% di negara asal. Misal jika dari Groningen Anda akan memulai perjalanan menjelajah Eropa dari Leer (Jerman), maka Anda perlu membeli tiket tambahan ke border terdekat: Groningen-Nieuwe Schans PP 9 euro.
- estimasi uang yang dibawa [untuk tiket tram, bis, museum, tujuan wisata, hostel, makanan, souvenir], misal untuk perjalanan delapan hari berkisar 300-500 euro. Pastikan Anda membawa kartu debit dan kredit. Jika mata uang yang digunakan di negara tujuan bukan Euro [misal krone], akan lebih menguntungkan jika Anda menarik langsung dari ATM [bebas biaya penarikan dengan nilai exchange rate bank yang lebih stabil].
- pastikan membawa paspor dan verblijf, serta handphone yang on dan berpulsa ;). Dalam perjalanan melintasi border negara-negara EU biasanya ada polisi yang memeriksa kelengkapan dokumen. Jika Anda menggunakan pesawat, pastikan liquid yang Anda bawa ke kabin maksimal per item 100 ml dan disimpan di satu tempat. Di mana pun Anda bertemu petugas , pastikan selalu menunjukkan ekspresi ramah :).
- untuk mengisi waktu saat di kereta, Anda bisa membawa buku, mp3 player, atau mungkin kartu bridge, tentunya bersama cemilan.
- pastikan kamera Anda selalu on untuk mengcapture momen-momen menarik.

1. Vienna

Kota yang indah, itulah Vienna. Banyak gedung-gedung tua artistik khas Eropa yang bisa Anda lihat keindahannya. Bangunan khas Eropa yang megah dan luas, Anda mungkin tertarik untuk membawa lensa tambahan zoom in untuk kamera SLR Anda. Tempat makan alternatif yang bisa Anda kunjungi: Mc D, kebab, Nordsee, Starbucks. Kenali tanda U berwarna biru sebagai stasion U-bahn terdekat. Akan lebih menguntungkan jika Anda membeli tiket group Vienna: 48 jam sekitar 12 euro, berlaku untuk 5 orang. Tempat refreshing yang bisa Anda kunjungi: taman bermain Vienna, yang menurut cerita kincirnya termasuk kincir tertua di dunia, permainan Vienna Air yang keren dalam menjelajah kota, cukup untuk membuat adrenalin Anda meningkat, serta permainan lainnya. Jika Anda berminat mengunjungi summer house istana raja, pastikan Anda kuat mendaki bukit yang tinggi ;).


Gedung dalam kota, Vienna


2. Salzburg

The sound of music, jargon yang sangat terkenal di Salzburg, kota kelahiran Mozart. Transportasi utama dalam kota adalah bis, dengan harga 1.8 euro jika Anda membeli tiket di mesin, dan 2 euro jika Anda membayar di bis. Kastil indah di tengah kota menjadi tujuan utama kunjungan ke kota Salzburg, bisa dicapai dengan Festungsbahn, yang sudah include dengan tiket masuk seharga 10 euro jika Anda masuk dari depan [Festungsbahn naik-turun], atau 8 euro jika masuk dari belakang [Festungsbahn turun].


Salzburg di malam hari


3. Innsbruck

Bagi Anda yang senang bermain ski, Innsbruck bisa menjadi opsi tempat yang bisa dikunjungi. Lanskap pegunungan Alpen yang indah, suasana kota yang hidup, serta tempat belanja yang menarik. Anda pun bisa mengunjungi kristallwelten Swarovski, via bis shuttle dari Innsbruck Hauptbanhof yang datang satu jam sekali. Area Alpen bisa dicapai via kereta nordkette. Untuk 3 zona Alpen, harga tiket nordkette sekitar 20 euro.


Lanskap Innsbruck


Sebelum pulang ke Groningen, Anda pun bisa mengunjungi salah satu kota di Jerman, Munich misalnya.


Olympiazentrum saat perayaan tahun baru 2009

Jika Anda penyuka otomotif, area museum BMW bisa jadi objek kunjungan Anda di Munich, free of charge.





* Tim ekspedisi:


The writer... wink





** Please correct me if you have more precise information about Österreich

2 comments:

Anonymous said...

baru tahu kalo Austria ada nama aslinya :p, mana logo burungnya menyeramkan... jadi total jendral berapa euro keliling2 kota2 itu? di salzburg itu katanya ada tour napak tilas film sound of music ya?

Rachmawati said...

kalo tentang tur napak tilasnya kurang tau. Kita lebih seneng nentuin sendiri mau ke mana ke mananya, lebih bebas :D.

Tiket interrail globalpass 5 hari (valid dalam 10 hari), umur dibawah ato sama dengan 26 tahun: 159 euro. Biaya lainnya dalam 8 hari: 300-500 euro.

Popular Posts