Saturday, 29 November 2008

... misschien

.
.
.
.
.

These words are encrypted. Click to read, the password is your family name; no spaces no capital letters.



I suspect something. But anyway, let's see how this works :D. Maybe next time I do need to encrypt every post I make, hehehehehe.
Even as a user, playing around with technology is for sure really fun larilari.


良い一日を

Thursday, 27 November 2008

Perjalanan

Kami tertatih menyusuri jalan ini
Dengan sedikit canda, berusaha ceria
Ada banyak angin, ada badai melanda
Kadang kami menangis, kadang tertawa


Ya Allah,
Jangan biarkan hati kami mati karena gemerlap dunia
Jangan biarkan kami tersesat jauh, terlelap dalam hayalan
Jangan biarkan hati kami kering berlapis debu-debu keangkuhan
Bersihkanlah hati kami ya Allah
Jagalah hati kami selalu
dalam keridhaanMu


Jiwa kami...
Kadang terbang mencari arti
Kadang terasa amat hampa untuk sekedar menyambut hari
Kadang ada sedih
Kadang ada takut
Kadang tak berwarna
Kosong tak kentara


Perjalanan ini...
Jangan biarkan hati kami semakin jauh dariMu, ya Allah
Kuatkanlah hati kami
Hidupkanlah hati kami
Jagalah jiwa kami
selalu dalam kasih sayangMu




* Got a dream last night, weird feeling afterwards, made me feel so uneasy
Perlu banget siraman rohani kayaknya... cry

Monday, 24 November 2008

Family gene

Pernah gak nganalisis gene keluarga? Jadi kaya bikin family tree tentang fenotif genotif yang kaya di Biologi gitu... hehehe. Ini Rachma nulis bukan karena gak ada kerjaan, tapi karena lari dari kerjaan, ahahaha. Mikirin riset terus mah sutressssss, yang step ini berhasil ... muncul permasalah lain... ah lieur.... Pantesan aja yak gajinya gede, hueheheheh. Mana besok teh sebenernya ada ujian, tapi bahan ujianna banyak, jadinya itu mah ntar ajah razz.


Tentang family gene, yang keingetan sama Rachma kira-kira gini:

- Mata

Mata kami... tiga bersaudara [ceilah kaya apaan jadinya mrgreen] termasuk ukuran mata gede, yah... gak ampe masuk kategori mata "bolotot" sih, heuheu. Rachma belum bisa nganalisis genotifnya gimana, soalnya jarang banget kan merhatiin mata Papa ato Mama secara detail [lagian, kurang kerjaan amat yak, hihihih]. Tapi kita bertiga mah saling merhatiin, karena itu bisa jadi bahan jail, heuheuheu. Mata itu termasuk organ yang gak tumbuh, jadi kalo pas kecilnya bola matanya kecil, ya pas gedenya juga tetep segitu, gak akan jadi gede.


Rachma paling suka mata adik Rachma yang cowok, baguuus. Matanya indah tapi tetep cowok gitu. Subhanallah pisan lah, kontur matanya tuh ... gimana ya... yah gitu deh, estetis tinggi tapi kalo mandang tajem banget. Kalo boleh Rachma nilai ... tuh mata termasuk lady killer, nyahahaha bahasakuwh..., ihihihih jadi ngeri sendiri ... razz. Lagian dia mah emang cakep sih, cakepnya tuh cakep cowok bukan cakep geulis, pan ada tuh yang cakep geulis macem bintang film korea. Rachma walo sensornya off, di awal-awal mah bisa ko nilai orang ... jelek dan tidak jelek mrgreen. Tapi ntarnya teh ada penilaian tambahan, pias dan tidak pias, heheh. Dan kalo liat cowok yang cakepnya geulis teh jadinya asa kumaha kitu rolleyes.


Berhubung adik Rachma mah di rumah teh nyebeliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin, euh pokokna mah pikasebelen kuadrat. Jadi weh dia mah cakepnya kalo lagi diem, eheuheuheu. Kontur wajahnya tuh gak bosen diliat, plus asik banget buat dijailin, hihihi... suka marah-marah gak jelas tapi malu-malu... heuheuh... adikku... adikku.


Nah, mata dia itu pupil ama irisnya item, tapi kalo adik Rachma yang cewek, irisnya cenderung coklat... coklat kopi tapi agak pias. Kalo Rachma liat mata coklat tuh gimana ya... kaya liat orang mana gitu, heuheuh. Rachma kayanya kebagian genotif dominan-dominan, soalnya fenotifnya pupil item, tapi irisnya dua warna, yang deket pupil itu irisnya coklat, tapi yang deket kornea itu irisnya warna item. Jadi kemungkinannya genotif Mama sama Papa dua-duanya heterogen(misal Hh (hitam) dan Cc (coklat), Rachma kebagian HC, adik cewe Rachma kebagian Ch, dan adik cowok Rachma kebagian Hc, hehehe... ngarang :D ). Terus ya, kedua adik Rachma punya eyelash yang panjang dan tebel, I do envy them. Pernah nanya, kenapa eyelash Rachma pendek, dan Mama dengan lempengnya bilang, dulu pas masih bayi eyelash Rachma pernah digunting, ceritanya sih biar bulu matanya tumbuh lebat dan lentik. Hayah, Mamahkuuuu.... harusnya cari paper biologinya dulu sebelum bereksperimen, hhh.....


- Alis

Kalo dah nyangkut alis, kayanya itu udah kaya maskot, langsung ketauan itu cucunya siapa, heheheh... segitunya. Jadi Rachma simpulkan, alis ini gennya dominan, kita bertiga dapet khas alis yang sama, gede dan tebel. Di adik Rachma yang cowok, tuh alis klop banget ama matanya, tajem tapi sekaligus meneduhkan, hahah bahasanya....mrgreen. Kalo kami ada di urutan Filial 2 (F2), maka kesimpulan sementara gen dominan ini didapet dari parental (P) (alm) Kakek Rachma dari pihak Papa. Alis itu kan haram ya kalo dicabutin... jadi harus hati-hati sama perias nikahan, hehe. Walo sering mikir juga sih, kenapa ya alis itu gak boleh diapa-apain, padahal kalo dicabutin juga... bukannya tumbuh lagi ya? Ato nggak?


- Telinga

Nah, kalo dah nyangkut telinga... Mama Rachma tuh suka banggaaaaa banget [yang kadang Rachma terheran-heran, segitunya ya kalo gen berhasil diturunkan secara dominan? Heuheuh]. Singkat cerita, kami bertiga menerima gen dominan telinga dari Mama dengan fenotif telinga kami kecil imut-imut... khas banget lah pokonya.


- Bibir

Kalo kata Mama, kami bertiga menerima gen bibir dari Papa. Terutama yang bagian warna merah bibir kami [jadi gak usah pake lipstick... udah merah ko.... heheheh]. Yang lucu lagi ya, kalo cerita sejarahnya Papa menikahi Mama tuh... salah satu alasan Mama Rachma setuju nikah itu, karena bibir Papa merah cenah... eheuheuheu... yang ampe sekarang Rachma bingung... kok bisa gitu yah alasannya itu, heuheuh.


- Hidung

Kayanya di antara kita bertiga, yang ada hidungnya itu adik Rachma yang cowok... heuheuheu. Dan Mama tuh gak mau rugi, gak mau disalahin, yang bagian gen kurang baiknya tuh disalahin ke Papa. Kadang Rachma suka pengen ketawa sendiri... Mamahku... Mamahku...


- Rambut

Khas rambut Papa itu item dan lebat banget rambutnya, plus lurus. Kalo Mama kebalikannya, tipis, agak bergelombang tapi ngembaaaang, jadi kaya tebel padahal nggak razz. Kedua adik Rachma tuh rambutnya ikut Papa, kalo Rachma tuh ikut Mama. Dan kembali, Mama tuh bangga banget ama gen rambutnya... katanya rambut model gitu tuh jatuhnya bagus, dan sebagainya... dan sebagainya... hhh... terserah Mama deh... terserah Mama....


Yang Rachma kaget itu, kalo liat foto Rachma waktu kecil... kan rambutnya pendek-pendek tuh, plus hobi banget dikucir bentuk supa, eheuheu. Suka mikir... kenapa yak, kok keliatan ikal rambutnya... apa karena rambut pendek gitu jadi dominan gelombangnya daripada ngembangnya? Terus suka miris sendiri, di foto waktu kecil itu, jaman-jaman balita... di fotonya Rachma keliatan genduut, jadi gemesh sendiri. Tapi setelah lewat masa balita, jadi slim begituh. Suka bingung, kenapa jadi kurus... rolleyes.


- Gigi

Kita bertiga tuh giginya gede-gede. Kadang kan suka lucu gitu kalo liat yang giginya tuh imut-imut kaya gigi kelinci... heheh. Katanya kan si gen gigi ini paling kentara banget diturunin ke anak, ampe ke urutan gigi tuh, macem gigi gingsul katanya itu diturunkan juga. Nah, kadang Rachma mikir, kan gigi bagian bawah tuh tumbuhnya gak bener, soalnya pas kecil Rachma sering ngemut coklat dan permen yang jelas-jelas ngerusak gigi... itu berpengaruh juga gak ya? Tapi yang jelas mah, jauhkan anak kecil dari coklat dan permen, heheheh.


- Kurus

Kalo dah bahas masalah kurus dan gendut, kadang Rachma nyimpulin ini genetis deh kayaknya. Soalnya, walopun Mama sama Papa Rachma sekarang gak kurus, waktu mudanya mah mereka kurus... rus... rus mrgreen. Yang suka Rachma tanyain itu, masalah melahirkan, karena ukuran panggul itu berkaitan erat dengan mudah ato tidaknya melahirkan bayi secara normal. Ukuran panggul besar itu berarti bisa melahirkan normal bahkan untuk bayi seberat 4-5 kg. Tapi Mama tuh suka dengan lempengnya bilang, Mama dulu juga pas muda beratnya 40an ko, melahirkan normal-normal aja, gak usah dipikirin. Pertanyaan selanjutnya, kenapa Mama jadi gendut? eheuheuheu. Kalo kata Mama sih itu katanya pengaruh pil KB, nafsu makan jadi tinggi, terus seiring bertambahnya umur juga metabolisme jadi lambat kali ya, makanya jadi gendut. Tapi emang da, kalo di rumah itu, kerjaan Mama tuh makaaaaan aja terus. Rachma sama Papa suka senyum-senyum liatin semangatnya Mama makan, hihihi. Tapi, kalo kurus itu family gene, kenapa adik cewek Rachma mah gak kurus ya? Dia di rumah kan udah disebut kaya ibu-ibu, eheuheuheu.


Khusus tentang KB, sebetulnya kalo dah nikah Rachma berencana gak ngambil KB. Bukan karena takut gendut razz, tapi karena tau kandungan bahan kimia KB (pil ato suntik) ato KB jenis lain itu beresiko. Apalagi yang pil/suntik, dah kaya nimbun zat kimia asing ke tubuh, yang jelas-jelas mempengaruhi hormon cewek. Jalan keluarnya ya... berpatokan pada jadwal menstruasi, ato suaminya pake kondom meureun yah. Sebetulnya Rachma jadi pengen ketawa sendiri, sejak di Belanda kayaknya pengetahuan Rachma tentang hal-hal kaya gitu kekarbit banget, euheuheuheu. Coba ya, kalo lagi nyari souvenir... terus tiba-tiba ada miniatur lucu, warna warni, ada yang bentuk gurita lah, bentuk ikan lah... eh, taunya itu teh miniatur kondom. Duuh, segitu kreatifnya ya jenis kondom tuh rolleyes. Selidik demi selidik, katanya bahkan kondom itu ada berbagai rasa. Omigoood, dah kaya permen aja, emang buat diemut ya ampe ada rasanya segala? Belanda... Belanda....


- Warna kulit

Ini mah kayanya dah jelas dominan, soalnya Mama sama Papa juga kulit putih ko... hihihihi.


- Asthma

Rachma pernah denger kalo asthma tuh diturunkan. Nah, Mama itu punya asthma, tapi dah sembuh sih. Tau gak sembuhnya gimana? Eheuheuheu, jadi ya Mama tuh kan pernah kena alergi kulit juga, pleus asthma itu, jadinya beliau teh makan segala macem daging yang dipercaya menyembuhkan,,, daging buaya lah, daging biawak, daging kadal... pokokna mah segala macem daging, heuheu. Ampe Papa tuh kadang suka ngeledek, Mama mah pemakan daging segala cenah, hueheheheh. Rachma kurang tau sih bener gaknya asthma diturunkan, cuman yang kena itu adik Rachma yang cewek, tapi itu pun kenanya sekarang-sekarang sih, kalo suhu beneran ngedrop banget, malem terutama, dulu mah nggak. Rachma alhamdulillah gak kena, terus kalo ngeliat garis keturunan pihak Mama, ada sih bibi Rachma yang kena juga. Yang ini mah hobinya makan daging marmut, dan kayanya emang sembuh. Jadi mungkin, kalopun asthma diturunkan, kayanya gennya tuh resesif, yang mudah kenanya cewek, soalnya bibi-bibi yang lain tuh gak kena, paman, uwa cowok dan adik cowok Rachma juga gak kena. Kadang Rachma mencurigai diri sendiri, jangan-jangan... Rachma bawa gen resesif dunk.... hihihihi... kejauhan menganalisa nih kaya gini jadinya razz.


Oya, sama satu lagi fisik yang diturunkan: kemampuan melihat. Maksudnya, ada yang miopinya itu karena turunan, karena ada gennya. Cara taunya... liat saudaranya, hehehe, miopi turunan itu termasuk gen yang sangat dominan. Kalo Rachma kena miopi karena sering baca sambil tiduran mrgreen. Rachma pernah lo ditanya masalah genetis-genetis ini, ama cowok... karena Rachma pake kaca mata. Hahah... cowok...cowok... segitunya meriksa gen... ck ...ck ...ck. Rachma termasuk orang yang fair, kalo ada orang yang nanya, ya Rachma jawab jujur. Kalo emang jelek ya Rachma bilang sifat jeleknya, kalo yang bagus... ya Rachma jelasin seperlunya. Tapi tentu saja, inspeksi kaya gitu ninggalin kesan tertentu, heuheuheu. Taroh lah, karena pengen tau kualitas bakal kandidat calon istrinya. See, bukan calon lagi... ada tahap bakal, tahap kandidat, dan tahap calon. I almost wanted to laugh loudly when I heard that "bakal kandidat calon ", who did he think he was??? :)). Btw, penjelasannya keren lo, ada background theorynya... eheuheuheu. Dan Rachma cuman senyum-senyum ajah, senyum paling manis razz.


So, when the person asked me sooooo many questions, I tried to reply as honest as possible, with ... you know, some framed answers... just to say "gotcha", ahahahaha. Temen yang kenal banget pasti tau kalo Rachma udah mulai ngobrol sesuatu, yang intinya tuh untuk nyari informasi, heheheh ketawasetan. Reaksi yang paaaaling Rachma suka adalah pas Rachma bilang ga bisa masak [sambil dalam hati,,, Rachma bisa masak kalo ada kompor, ada pemantik, ada wajan, ada bahan, ada bumbu... oh, sama kalo ada pengaduk/serok ato sejenisnya. Kalo Rachma doang mah, ya gak bisa masak ateuh, hihihihi]. Sama satu lagi, pas Rachma bilang... Rachma cerewet, keras kepala, manja, sering ngantuk, sering belanja, kadang males, kadang bandel, mood sering berubah gak jelas, pokoknya banyak yang gak jelasnya.


I looooooved to see the responses. A true character came nicely, some critical words came from him flawlesly, which... of course I always smiled, even when somebody lectured me for soooo long. It was quite good words actually, ada dasarnya... ada dalilnya, jadilah saat itu Rachma berhusnudhan... mungkin lagi mempraktekkan cara mendidik istri... razz. By the time he was sure I was qualified as... "bakal istri" with some points to repair here and there, belum tahap kandidat apalagi calon istri, eheuheuheu... mmm... that was the time I definitly believed he was not qualified to be my husband, well... at least I began to feel doubts. Either one led to the same conclusion though razz. A final decision, with a perfect nice smile of course.


Sometimes, I do wonder, some specific sentences can be definitely good to reveal someone's personality. My habit is... when somebody criticizes me, I tend not to explain, he/she can take whatever conclusion from my response, from my selfishnes, from my I-don't-care-attitude. Even if somebody concludes something bad, I don't mind, I don't worry, I don't care. Only when I feel anoyed, then I will explain it as clear as possible.


Anyway, kalo boleh Rachma simpulin [kalo gak boleh juga tetep Rachma simpulin, minimal kesimpulan sementara razz], gen itu gak cuman fisik aja yang diturunin, termasuk sifat-sifat yang abstrak juga kayaknya diturunkan. Hmm, mungkin ... kalo anak diibaratkan kertas yang udah punya dasar warna tertentu (see, anak pun udah punya sifat bawaan oroknya, heheheh), terus orang tua diibaratkan tinta-tinta dengan karakteristik tertentu, terus tuh tinta ada di deket kertas, dipake ngelukis di kertas, ya emang logis kan jadinya, ada karakteristik tinta yang membekas di situ... [ini logika pengandaiannya bener gak yah, heuheuheu mrgreen].


Jadi kalo Rachma nganalisis sifat Rachma, kira-kira yang dominannya tuh ini:

- diem sama orang asing, cerewet sama orang yang dah kenal

Jadi kalo gak pengen dicerewetin sama Rachma, ya jangan kenal deket aja razz. Kalo Rachma banyak diem, implikasinya juga berarti Rachma gak ngerasa deket, gak ngerasa nyaman untuk membuka diri, hehe. Gen ini Rachma dapet dari Papa, more or less.


- cerewet

Rachma curiga ini gennya Rachma dapet dari Mama, hehehe. Adik cewe Rachma gak dapet gen ini, tapi dia dapet gen lain dari Mama, terutama kalo berkenaan sama cowok, heuheuheu. Prinsip Mama itu kan kaya gini: "sebelum nikah itu, perempuan itu milik orang tuanya, gak ada itu istilah pacar ngeclaim seorang cewek miliknya dia. Cewek berhak ko nyeleksi calon suaminya. Dengan kata lain, berhak deket ma lebih dari satu cowok, namanya juga seleksi kan, nyari yang terbaik". Rachma kalo denger doktrin itu suka protes-protes, kalo adik cewek Rachma mah iya-iya ajah, mendukung malah. Masa dia ampe minta bantuan bibi Rachma buat nasehatin Rachma punya pacar... heuuu dasar si Eneng. Ampe satu kali Mama bilang gini: "tuh atuh belajar ma adik kamu biar punya pacar". Hhh, Mamahkuuu,,,,, cape ah jelasinnya. Galak gini aja banyak yang ngantri, gimana kalo someah dan sejenisnyah, hihihihihi.


Eh btw, kalo Rachma ngobrol ma adik cewek Rachma, ada satu hal yang Rachma tangkep "nikah sama suka-menyukai itu hal yang berbeda", jadi dia mah gak keberatan pacaran ama siapa tapi nikahnya ama siapa gitu yang dijodohin ma Mama. Kalo Rachma nanya, dia jawabnya, "kan berbakti ama ortu lebih penting daripada rasa suka"... rolleyes... good principle, but I find it a little bit strange. Dan satu lagi yang Rachma perhatiin, dia tuh tau banget cara mengoptimalkan ... mmm... apa ya bahasanya... her beauty. Eh, bukan ketang, tepatnya mah sex-appeal meureun yah. And what I find more interesting is, men suddenly become -sorry- weak. Ampe temen-temennya pun mengoptimalkan potensi itu, ahahahaha. kan pernah nanya "Nis, yang perlu ke warnet bukannya temenmu, kenapa sih mesti ditemenin, kan dah ada temennya juga?", dan dia dengan lempengnya bilang "soalnya kalo ada Nis, tarif warnetnya jadi murah". See, ampe tukang warnet pun kena, heuheuheue. Kayanya dikedipin ma disenyumin sekali aja, tuh tarif warnet langsung diskon, demi neng geulis, ahahaha :)). Soalnya dia tuh termasuk supel banget kalo ma cowok, ramah pisan lah, pokoknya semua doktrin Mama tentang cowok... ada semua di adik Rachma. Jadi kalo istilahnya di keluarga besar ada ilmu memikat cowok, tuh ilmu kayaknya diterapin semua ama dia, heuheuheuh. And I do wonder... how can a man be fooled that easy? Hhh... bener-bener deh, godaan paling besar buat cowok mah emang cewek kayaknya. Kalo secara kasarnya mah, di semua aspek cewek tuh ada setan yang memagnifikasi, dan ntah kenapa... cowok tuh mauuu aja terbuai godaan setan. Aneh tapi nyata.


I know quite well, every woman has the so called instinct to seduce a man. It's not that I don't know how to use it, I just don't want to... because if you attract too many things, you'll feel troubled in one or another way razz. Jadi walo Mama udah mendoktrin Rachma dan menurunkan semua ilmunya tentang hal ini, hihihihi,,, ya sama Rachma mah gak dianggap. Males aja gitu bawaannya. Rachma suka dengan lempengnya bilang, "males ah Mah deketin cowok, harusnya kan cowok yang ngedeketin. Gak mau nyari ... pengennya dicari..." hihihihi. Pasti ntar ceramah berlanjut "si Eneng teh kumaha, pan kedah aya usaha oge... bla... bla... bla..."... hhh, pusing Rachma. Jadi kalo ada yang bilang Rachma cerewet, Mama Rachma lebih cerewet lagi. Ntah bagaimana ceritanya Papa Rachma bisa tahan, heuheuheu. Sama kaya Rachma suka kepikiran gini... Papa tuh kan orangnya pendiem, terus gimana Mama ngertiin Papa ya kalo beliau jarang ngomong mrgreen. Hehe, tapi ke sini ke sini mah Rachma ngerti ketang, gak semua perlu diomongin, kalo dah sehati mah tau kok maksud ucapan, gerak gerik, dan segala macemnya [ceilah bahasanya... eheuheuheu].


Kalo sifat-sifat lainnya mah,,, hmm,,, mungkin berkembang karena sejarah hidup Rachma sendiri kali ya. Tapi secara umum, kayanya Rachma dapet fenotif heterogen untuk sifat (itu berarti genotifnya dominan-dominan yak? :D ). Kalo adik cewe Rachma dominannya dari Mama sifatnya, kalo adik cowok Rachma...hmmm... dia mah diragukan, ntah dapet gen sifat-sifatnya dari mana, curiga kayanya bawaan oroknya lebih dominan... huehehehe. Orangnya tuh pengen menang sendiri, mudah marah, pikasebelen nu jelas mah, bandel gak ada duanya, pengen menang sendiri, dan banyak maunya. Tapi, sebetulnya dia itu seperti gudang ilmu berjalan, asal sabar dikit aja, bisa ngorek ilmu dari dia. Terutama ilmu keagamaan, soalnya pas angkatan dia mah, di madrasah tuh hampir semua kitab kuning dipelajari. Jadi jangan salah, ilmu fiqihnya mungkin lebih yahud daripada Rachma. Haiyah, ntah udah jilid berapa dia menuntut ilmu... hhh, di rumah tuh kitab kuning dah kaya koleksi aja kayaknya. Terus dia itu, bisa ujug-ujug jadi anak paling sholeh dan kayungyun sedunia, terutama kalo Rachma ama adik cewek Rachma gak di rumah. Tapi kalo satu di antara kami ada di rumah, kembali lah dia ke asal. Pikasebelennya lebih dominan, heuuuuu, nyebelin pokoknyah... rolleyes. Kadang suka Rachma becandain, "Gina nu bageur... maenya atuh kasep-kasep akhlakna kitu... coba kalo akhlakna bagus, kan ntar jadinya banyak cewek yang suka....". Dia pasti ngamuk tuh kalo dah dibecandain masalah pacar, cewek, dan sejenisnya, hihihihi. Ampe Rachma tuh suka jail kan, "Gina,,, Gina,,, matanya bagus,,, bagus", dia pasti bilang sambil marah-marah tapi malu-malu, "bade dikumahakeun atuh soca Ujang teh... Teteh mah kumaha nya...", dan tibalah Rachma ngeluarin jurus..."Gina, sasakola teu aya nu geulis kitu? Teu aya nu sholehah nya? Teu aya nu menarik hati?" ... ... dia pasti tambah ngamuk, heuheuheu. Kadang suka bingung juga sih, dia tuh di luar termasuk yang pemaluuuuu banget, tapi di rumah... beuh... merajalela tak ada dua....


Kalo Rachma lagi ngalamun tentang rumah tangga masa depan, hihihi bahasanya... yang suka Rachma pikirin itu, gimana ya cara menjembatani dua pribadi yang beda, dari asal lingkungan yang beda. Sebagai bahan renungan, yang pertama Rachma liat tuh, ya ortu Rachma sendiri. Semakin Rachma menganalisa, semakin Rachma nyadar... Papa dan Mama tuh beneran dua orang yang sifat dan karakternya berbeda, tapi kayaknya seiring berjalannya waktu... mereka saling beradaptasi. Btw, kalo denger sejarahnya Mama itu ya, beliau itu dengan prinsip penyeleksiannya terhadap cowok, Rachma mencurigai kalo pacar Mama tuh lebih dari satu, heuheuheu. Dan Mama tuh dengan lempengnya bilang, ya iya atuh namanya juga seleksi. Udah gitu teh, pilih-pilih deuih,,, heuheuheu.


Jadi, tau gak kenapa jadinya Mama nikah sama Papa, bukan sama salah satu dari para bakal kandidat calon suami [eheuheuheu, jadi lucu ama istilah ini razz]?... Itu mah karena Papa tuh pdktnya ma ortunya Mama, ihihihihi, good strategy, Dad! Heel goed... fantastisch... . Tapi karena itu juga kali ya, Papa tuh gak suka kalo tau ada cowok ngedeketin anak ceweknya. Beliau mah pengennya tuh cowok langsung ngadep, heuheuheu. Makanya Mama mah berpesannya... "boleh ko punya pacar, asal jangan sampe Papamu tau"... hhh... Mamahkuuuuu....


Di keluarga besar itu, Papa Rachma termasuk yang dituakan pleus disegani. Jadi kadang para bibi ato uwa Rachma tuh, kalo dah mendoktrin bilangnya "gpp atuh sekali-kali gak nurut ma Papamu, masa pacaran aja gak boleh" ... shock1... pegimane caranye gak nurut sama ortu sendiri... hhh... suka ada-ada ajeh. Oya, kayaknya Rachma juga mewarisi gen segan dari Papa, hihihihi, soalnya... Rachma ngerasa kok, kalo ada cowok yang ... ngg... segan sama Rachma. Dan Rachma suka mikir, kalo sama Rachma aja segan, terus gimana ceritanya dia mau jadi suami Rachma? Gimana ceritanya dia memimpin Rachma? Ah, sama satu hal yang penting juga, gimana ceritanya dia ngadep Papa Rachma, ehuheuheu, jadi pengen ketawa sendiri mrgreen. Kalo kata sodara-sodara mah, cenah calon suami Rachma mesti kuat mental, ihihihihi ketawasetan. Sampe, salah satu sodara Papa tuh bilang gini, "hati-hati A', jangan sampe salah milih mantu. Anak cowok jaman sekarang mah... begini begitu...". Haiyah, kesannya Rachma kaya mu diculik siapa gitu... keringetan. Dan itu teh gak hanya sodara-sodara yang suka wanti-wanti, ampe temen-temennya Mama, yang ntah pegimane mereka mah peduli banget... guru-guru SMP-SMA, orang-orang Indonesia Power... [resiko murid/anak didik kesayangan ya kayak gini emang, hihihihi].

Rachma dah nulis panjang lebar tetep aja gak ngilangin kangen rumah ternyata...1. Eniwei, ortu Rachma kan sekarang sedang berkunjung ke tanah suci... jadi pas Mama cerita, di sana itu ada ngg... 9 eh apa 8 ya ... tempat mustajab do'a. Rachma minta do'aaaaaa:
1. Cepet ketemu jodoh, cepet nikah
2. Risetnya lancar
3. Harta banyak dan barokah; Ntah kenapa... ini yang ke-3 keingetan pas nelpon masalah do'a mendo'a ini sebelum Mama berangkat... hmmm, banyak yang pengen Rachma kembangkan buat masyarakat [hihih, PPKn banget]... tapi setelah ngitung-ngitung... mesti kaya raya kayaknya, heuheuheu. Kan bagusnya kaya hati, kaya harta mrgreen. Nyimpen harta di tangan, bukan di hati wink.
4. dll... ini de el elnya banyak soalnya....

Mama mah iya-iya aja pas denger Rachma minta banyak do'a, hehe. Terus salah satu do'anya Mama tuh, biar Rachma juga cepet naik haji. Sebelum mengaminkan, Rachma mikir dulu... ngg, menunaikan ibadah hajinya pengen bareng suami, hohoho jadi diaminkan aja deh, kalo cepet naik haji kan artinya udah punya suami juga ... heuheuheu ... keukeuh .

Friday, 21 November 2008

Holistic view

Shopping itu beneran bisa jadi penghibur kala sutres dan bad mood gak jelas. Cuman masalahnya, Rachma bukan orang yang suka jalan-jalan keluar masuk toko cuman buat nyari satu baju lucu. Males aja gitu, cape. Mending tidur di rumah aja, hibernasi razz. Kalo kebetulan jalan-jalan ke centrum pun, ya itu mah karena lagi pengen hidup ajah, biar jalurnya sedikit berubah dari housing-kampus-tempat les mrgreen. Belanja pun paling jauh ke Oriental, ahahaha, yang lainnya mah cukup di Aldi ma AH ajeh, dah lebih dari cukup, dah bisa masak segala macem, dan yang pasti lekkkkkeeeer. Pokokna beruntung banget lah, di sini mah gak susah nyari bumbu khas Indo, ampe daun pisang pun ada :)).


So... so... ini lah list tempat belanja yang bisa dipercaya dan harganya di bawah harga normal (udah termasuk ongkos kirim + pajak).


1. Wehkamp

Shopping segala macem, di sini lah tempatnya. Apalagi kalo lagi ada diskon yang gak masuk akal dan suka gak kira-kira. Misal, produk Esprit seharga 125 euro, karena op=op jadi harganya 5 euro. Omigoooood, kalo yang dah beli produk itu pas awal launching, pasti nangis-nangis dah, huehehehe :)). Ato beli sepatu lucu, yang asalnya 40 euro, jadi 4 euro, kekekekek bener-bener bargain abiiisss. Tapi yang namanya online shopping, ya pacepet-cepet ngeklik, heuheu. Karena kadang, kalo lagi browsing, udah seneng-seneng gitu ada barang bagus harganya muraaaaah, terus masukkin ke troli, eh pas mu ke kasanya tiba-tiba dibilangin tuh barang dah terjual. Kayaknya orang sini pada hobi juga mantengin diskon, cepet banget abisnya razz. Yang pernah Rachma beli di sini sih baju, dengan toleransi ukuran XS ampe M, sepatu [36-37], l******e [75-80 B], belt, jam tangan, de el el.


2. Carlvinoparis

Demi hunting baju-baju lucu, ke sini pun jadi, hehehe balik lagi ke Asia mrgreen. Ukuran yang dipake tentu sajah M, hahah, bahagia lah pokoknya ukuran M nya tuh plek banget ukuran badan Rachma. Kalo ukuran M nya Eropa mah, hualah guede pisaaaan. Kalo diperhatiin, model bajunya Eropa tuh plain abiiiis, kalo ada yang lucu dikiiiit aja, harganya langsung melejit ke daerah ratusan euro, merusak keseimbangan rekening aja razz. Misal, Rachma kan suka tuh sama model sepatu flat balerina, nah di sini tuh ada merk sepatu kualitas bagus namanya Repetto, keluaran Prancis. Tapi harganyaaaa.... bikin shocked eek. Kalo untuk tas... masuk jajaran LV, Chloe, dan sejenisnya... ahahaha, eta mah langsung we pokokna mah ngabisin jatah, jadi lupakan sajah gak usah beli, heuheuheu.


3. Parfumcenter

Merk favorit all the time: Dior tendre poison, wanginya lembut mrgreen. Sekarang mulai merambah ke Dior Miss Cherie, Lolita Lempicka, dan Bvlgari Omnia. Sebetulnya ada lagi deng list favorit: Guerlain Samsara, Lór de Torrente, Hermes 24 Faubourg, CK Euphoria, CK Eternity, dan Elizabeth Arden 5th Avenue. Mengingat, parfum itu bagusnya dipake depan suami tercintah, dan berhubung belum punya suami tapi seneng wangi parfum, jadinya Rachma pake parfum di housing, kalo abis dari lab. Suka aja sih ama wanginya, bikin tenang pikiran, ngubah mood jadi lebih baik mrgreen. Dipake di luar rumah kalo gak sempet mandi, hueheheheh razz.


Tapi sisi negatifnya, parfum bagus itu harganya muahaal, heuheuh. Dan sisi negatifnya lagi, parfum favorit Rachma keluaran Dior, dan Dior itu pelit banget ngasi diskon, jaraaaaang banget ada diskon gede-gedean buat parfum ini, hhh... nasib... rolleyes.


4. Sasa

I looooove my skin, and I will make sure I take care of my skin carefully. Rachma gak suka pake make up, Rachma lebih peduli sama kesehatan kulit cool. Harusnya sih yang bener itu: I will make sure I take care of my bodyyy, hihihihi, tapi berhubung Rachma kurang suka olahraga, jadinya yah, belum bener-bener taking care of my body. Olah raganya cukup sepedahan tiap hari housing-kampus yang cuman lima menit [dan tentunya itu bukan olah raga, tapi anggap aja olah raga razz], sama dua kali seminggu sepedahan kampus-tempat les 15 menit. Setuju ato nggak, olah raga Rachma ya itu tadi, huehehe. Nanti ah, kalo mood, mu membiasakan diri senam lagi, sekali seminggu kayanya cukup [tetep gak mau cape :)) ].


5. GriyaZulfa

Rachma seringnya pesen lewat multiplynya, abis lucu-lucu jilbabnya. Terus kalo ada versi setelan bajunya tuh, unik aja gitu, dan bahannya juga bagus. Terus Mbaknya kadang cuman bikin satu tiap satu model, jadi kalo dah terjual, Rachma mesti ngerayu Mbaknya dulu, minta dibikinin, heheheheh. Walopun Mbaknya bilang tuh baju makan waktu lama bikinnya, mungkin karena mesti pesen bahan, terus dibordir manual, dihias tangan dan segala macem, bisa beberapa bulan. Tapi gpp deh, demi baju lucu, rela nunggu mrgreen.


6. Ebay, Amazon

Segala macem ada deh di situ. Tentu sajah, belinya kalo lagi diskon, plus liat rating seller. Kalo mesti beli dengan harga full mah males banget, Rachma gak segitu cintanya ma belanja kok razz. Rachma mah kan bukan suka sama belanjanya, cuman suka sama barang lucunya, heheheheh mrgreen. Jadi kalo bisa dapet barang bagus, dengan harga murah cuman tinggal ngeklik-ngeklik dan nanti barang dianter ke rumah, yah... jadinya males aja sih kalo mesti ngeluarin energi jalan-jalan ke toko beneran. Sibuk...sibuk... sibuk tidur razz.


Haha, dengan list sebanyak itu, komen pertama kayanya "Rachma belanja mulu... ", dan Rachma bisa dengan lempengnya bilang " ya terserah Rachma dong, mu belanja ato nggak, ini kan uang Rachma, kenapa jadi situ yang repot.... " 3. Ato ada yang komentar gini:

komen: Rachma cerewet
me: muemang cool
komen: Rachma kaya anak kecil
me: yeeee, biariiin siul
komen: Rachma tidur mulu
me: yah, gimana ya, dikasi softwarenya ini siiiiih. Situ kalo jarang ngantuk mestinya bersyukur, banyak yang bisa dikerjain pan. Rachma mah dah ngantuk da, maaf ya, mu tidur dulu... bye
komen: Rachma keras kepala
me: emaaaaaaaaang. Males banget coba kalo mesti iya-iya ajah. Iiiiiih, lagian siapa kamuh ampe Rachma mesti iya-iya ajaaaah. Perasaaan Rachma gak pernah nanda tangan MoU deh yang nyatain kalo Rachma mesti nurut sama situh... 13
komen: gak boleh kaya gitu, mesti begini mesti begitu... mesti ini mesti itu....
me: [mikir mikir... situ siapa ya? razz]...
komen: Rachma, saya kecewa. Seorang akhwat itu kan harusnya nurut, harusnya lembut, harusnya gini, harusnya gitu....
me: ya terserah situ, mau kecewa ato nggak, Rachma lagi gak mood buat ambil pusing. Mau kecewa kek, mau gak puas kek, terserah. Lagian, Rachma hidup bukan untuk muasin situ yeeee. No matter how great you are, no matter how charming you are, that doesn't change the fact that you are not my husband... I don't have any obligation to hear what you say, I don't have any obligation to satisfy your needs. And the most important thing, since you are not my husband, you don't have any rights to intervene my life. [hahahah, yang ini mah gak dibilang ketang, cuman dalam hati, kalo mode galak lagi on, hihihihih...].


Huehehehe, dan masih banyak lagi pembenaran-pembenaran lainnya mrgreen. Tapi sebetulnya, ada yang secara gak sadar Rachma tuh nurut ama seseorang. Ah, sebaaaal. Logika Rachma jadi aneh, pengennya sih gak nurut, pengennya sih galak juga, pengennya sih netral-netral juga... tapi suka gak tega dan akhirnya jadi ngerasa bersalah sendiri... capedeh. Rachma ampe mendoktrin diri ngasi reminder gede-gede, orang itu bukan siapa-siapa, gak usah diistimewakan. Tapi tetep we peduli, khawatir, heuheu. Kerasa lebih lega kalo dah mendo'akan orangnya. Hhh... nasib 1.


Kalo dulu mah, Rachma naiiif pisan, sebisa mungkin berusaha menyenangkan orang lain, takuuut banget kalo ngecewain orang. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, kerasa, diakui ato nggak.... kalo iya-iya aja tuh jadinya terjajah, dimanfaatin. So here comes the time ... the so called "dare to be imperfect". Kalo frase be your self kan masih ambigu, tapi kalo dibingkai dengan dare to be imperfect, sepertinya jadi lebih jelas. I know I am not perfect, thus I will not act like one. I definitely don't care about what people say, since some of their harsh words only hurt my brain. I take the good ones and I let go the bad ones. Let's live our life peacefully siul.


Sebetulnya, itu juga karena Rachma nyadar Rachma rapuh, mudah sedih, mudah nangis, moody. Walaupun terlatih untuk selalu tersenyum dan ceria, ada saat-saat di mana mood lagi jelek, terutama kalo lagi PMS, heheheh, bawaannya bete razz. Jadi harus milih-milih... mana yang layak Rachma pikirkan, mana yang nggak. Rachma gak suka berada di daerah abu-abu,,, lebih suka yang jelas-jelas sajah, puguh... ini hitam, itu putih.


Kalo Rachma ngerjain sesuatu, Rachma selalu mastiin Rachma punya alasan yang bisa dipertanggungjawabkan. Bukan untuk ngasi pembenaran depan seseorang, lagian kalo sama orang mah Rachma dah kebal kok, udah cuek... cuek... cuek pisan, lempeng razz. Sebodo amat apa kata orang, teu ngaruh... teu ngaruh, heheheh mrgreen. Yang lebih Rachma pikirin mah alasan untuk mempertanggungjawabkan semuanya di hadapan Sang Penggenggam Kehidupan.


Kalo dalam teori-teori itu, ada istilahnya holistic view, meninjau suatu masalah secara menyeluruh, dalam satu kesatuan, ditinjau dari berbagai segi. Contoh realnya, kalo lagi ngukur NMR, kalo pengen dapet puncak yang akurat, scanningnya harus beberapa kali, dan spinnya harus muter dengan baik, jadi puncak yang dihasilkan bener-bener merepresentasikan keadaan sesungguhnya. Nah, dalam hidup juga ya prinsip-prinsip kaya gitu tuh usahakan diterapkan juga. Belajar ilmu dewa tuh jangan cuman plek dilihat sebagai ilmu dewa, harusnya mah emang direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari juga :).


Bagusnya holistic view itu diterapkan dalam meninjau semua kasus, jadi kalo ngambil keputusan tuh bener-bener dah mempertimbangkan semua aspek. Cuman ya, kalo yang Rachma rasain sendiri itu, cara pandang seperti itu tuh bagus, terutama untuk mendukung prinsip husnudhan all the time, karena kan intinya semua orang berhak atas asas praduga tak bersalah, ada alasan di balik segala sesuatu. Tapi kalo Rachma itu jadinya malah gak bisa tegas, karena suka jadi gak tega aja gitu... hhh... lieur ah. I do envy a person who can be... hmm... apa ya... tegas tapi tetep bijak gitu. Kalo Rachma mah bisa sih tegas [tegas ato galak yak, hihih], tapi abis itu pasti suka ngerasa bersalah karena udah galak, heueheuheu, jadi weh pusing sendiri razz. Yang ngerasa tegas dan bijak, bagi-bagi dooong ilmunya... bagi dong... bagi dong... hueheheh.


Tentang holistic view ini, Rachma ngambil contoh real kasus seringnya Rachma belanja. So, people, what are you going to think if you have to see the case using frame holistic view?
Let's begin the class.

- premis umum: sering belanja diasosiasikan dengan kegiatan negatif, kegiatan menghambur-hamburkan uang

- ngalamun tahap 1: apa benar itu kegiatan negatif? Mungkinkah premis itu muncul karena iri? Bisa aja loh kalo punya kesempatan sama ... taunya situ belanjanya lebih heboh... huehehehe nanana. Kan kata bang napi, kejahatan itu muncul karena ada kesempatan dan niat... hehehehehe, maaf, kalo dilanjutin bisi jadi suudhan mrgreen.

- ngalamun tahap 2: sebelum ngambil kesimpulan, mesti tau dulu bagaimana, untuk apa, mengapa, dan untuk siapa Rachma belanja.

Kalo Rachma belanja itu, Rachma mastiin tiap sen yang Rachma keluarkan itu ada gunanya, paling nggak menurut Rachma itu berguna, gak tau ya menurut orang lain itu berguna ato nggak, ah lagian juga Rachma gak peduli kok apa kata orang, huehehe. Alasannya... ya, nyari uang itu kan gak gampang. Otak dan fisik Rachma bekerja sebagai kompensasi dari my monthly income. I will make sure, it is worth every penny. Rachma juga mikirin efek jangka panjang dan jangka pendek dari barang yang Rachma beli. Yah, gak mau juga dong, beli yang gak ada manfaatnya cool. Kadang, Rachma juga beli bukan buat Rachma, kompensasi punya keluarga dan punya banyak sodara kan gitu, hehehe, banyak yang mesti dikasi kalo pulang. Nyicil oleh-oleh ceritanya razz.

- ngalamun tahap 3: bagian menghambur-hamburkan uang. Betulkah seperti itu?

Rachma pikir, setiap orang itu punya kebutuhan masing-masing. Selama penghasilan lebih besar daripada pengeluaran, Rachma pikir itu wajar-wajar aja. Yang perlu dipertimbangkan itu adalah rasio antara pengeluaran dan surplus penghasilan per bulan. Kalo yang Rachma pake cuman 10% dibandingkan surplus per bulan... haiyah, eta mah masuk kategori wajar aja kaleeeee, hihihihi.


Hal lain lagi yang perlu ditinjau adalah pengelolaan uang secara keseluruhan. Kenapa penting? Soalnya, yang Rachma tangkep... hobi belanja dikonotasikan dengan ketidakmampuan seseorang mengelola keuangan. Padahal kan gak semua orang seperti itu. Justru, yang sering menggunakan uang itu, tau betul value dari uang itu sendiri. Karena tau, beda sekian sen sajah, lumayan, bisa beli barang yang setingkat lebih berkualitas, hehehehe. Biasanya cewek sih yang punya insting kaya gini, kalo cowok mah kayanya gak ampe segitunya kali yak, heuheuh. Kalo istilah Sundanya mah namanya tuh "rikrik gemi", tau gimana cara mengoptimalkan uang :).


Kalo secara menyeluruh itu, pertanyaannya akan seperti ini:
- Tau gitu latar belakang, tujuan, dan gimana Rachma belanja?
- Tau gitu berapa persisnya rasio antara pengeluaran dan pendapatan per bulan Rachma?
- Tau gitu berapa banyak rekening yang Rachma punya? Saldonya dalam kurs apa aja... Rachma pergunakan tuh rekening untuk apa aja? Tau gak... tau gak? hueheheheh
- Tau gak properti lain yang Rachma punya selain dalam bentuk uang? Terus... tau gak jumlah uang dan manfaat lain yang dihasilkan dari properti tadi? Mau tau? ... hihihihihi
- Tau gak uang Rachma tuh dipake apa aja, manfaatnya dirasakan siapa aja, tersebar di mana aja... mau tau? hehehehehe


The most important thing is,,, never judge someone by his/her appearance ;). You'll never know what a fragile woman can do, what a childish person can do, what a weak person can do. Each thing has each power :). You have to keep alert and stand by. Nothing in this world you can ever tread on lightly. Otherwise, you will be left behind, being amazed. And let's get real, just being amazed will not change anything, won't it? You have to be stronger than ever, move on, and let your life running smoothly and better. If you know how to optimize everything you have, everything around you, you'll be amazed of how powerful you are. Those will emphasize how lucky you are, and remind you clearly what kind of grace, attitude, and behavior you suppose to have to the Almighty God :). Learn honey, learn... learn from every single thing around you. Even from a very unimportant thing, there must be knowledge you can get if you can extract it well. Learn... learn... learn....


Sebagai iklan, ini ada produk lucu hasil kolaborasi antara Mac cosmetics dan Sanrio, gambar diperoleh dari web:


Duh, lucunya... lucu... lucu... lucu... gak bosen-bosen Rachma nyebut lucu kalo liat gambar-gambar itu, heuheuheu.


Sama satu lagi yang lucu, template email terbaru dari gmail. Sekarang Rachma pake yang theme candy, hehehe, suka aja liatnya, banyak kartun lagi megang permen, eh permen apa es krim ya itu... heuheuheu, pokokna mah lucu we lah....





Kalo liat window chatnya juga lucu, jadi kaya ada rendanya mrgreen.





..... cuap-cuap sambil kepikiran... time does flies... time does flies....

Popular Posts