Wednesday, 28 May 2008

Ayunan

~Somehow, it is painful to have a nightmare~



Gerakannya lambat
Namun mengayun pasti
Ia kadang terbang bersama angin
Kadang melambat menuju bumi
Satu dua
Satu dua
Berirama

Ayunan
Berpayungkan langit biru
Berhiaskan awan putih berarak menutup mentari
Teduh ... hangat menaungi
Mengayomi sang ayunan

Ada bunyi gesekan besi tua
Bersahutan dengan hembusan udara
Maju... mundur
Maju... mundur
Mengikuti pasti ke mana angin berlari

Ayunan...
Ia tak pernah lelah menunggu
Bunyi jejak anak-anak yang sumringah mendudukinya
Ia pun tak pernah mengeluh
Meski ada banyak tangan yang mungkin kasar menggerakkan talinya
Ia di sana
Tak ada susah, tak ada gelisah
Ia senantiasa berirama
Satu dua
Satu dua
Berpayungkan langit
Berlantaikan tanah

Hingga satu waktu,
Angin membawa berita
Sebuah gedung pencakar langit
Akan menggantikan rentanya
Ia tersenyum
Ia menunggu
Dan ia bersenandung
Mengayun indah bersama angin
Ia bergerak penuh semangat
Laksana tarian bertemu musiknya


Seberapa sering kita memperhatikan hal-hal kecil
yang kadang keberadaannya dianggap tak penting?



Astaghfirullahaládzim
Astaghfirullahaládzim
Astaghfirullahaládzim
Jangan biarkan kami buta dan tuli terhadap ayat-ayatMu Ya Allah...
Biarkan kami melihat, mendengar, belajar dari tiap-tiap ciptaanMu
Hiasilah diri kami dengan ilmu-Mu
Hiasilah jiwa kami dengan iman dan taqwa kepada-Mu
Kuatkan hati dan izzah kami untuk senantiasa ada di jalan-Mu
Jangan butakan hati kami Ya Allah
Jangan butakan hati kami
Astaghfirullahaládzim
Astaghfirullahaládzim
Astaghfirullahaládzim

Sunday, 25 May 2008

Somewhat

It is somewhat beautiful to have the light here within
Cheerful enough to lift up the spirit
Coloring my days
Brightening up my nights

It is somewhat painful to cover the bright star
Such that the sorrow sends that gloomy face
Frightening my soul
Turning down my smile

It is somewhat doubtful to observe the silence
That I start to stop listening
Pretending to be more selfish
Looking for some foolish things

It is somewhat regretful to skip the moments
One way around taking tougher path
Blowing apart the easiest one
Confusing the most simple part of life

It is somewhat fun
To rearrange the line of the stories
Moving ahead stepping each stage
Creating a lot of new chapters
Packing up all the laughters
Swinging up all the smiles
Collecting every warm embrace
Capturing all those happy times

Somewhat beautiful
Somewhat

Thursday, 22 May 2008

Rutinitas

0-4

Tinggal bareng mMih, nenek dari pihak Ibu. Kadang [seringnya :P] main ke rumah Ua di Cimindi sana. Temen main ... ya paman dan bibi lah :D. Kalo malem ikut pengajian di pojok tikungan sono deket rumah Nenek. Inget nama tempatnya "Parigi". Kalo abis ngaji suka nyimpang di rumah Ua [ntah ini teh Ua nya dari mana silsilahnya :D], buat nonton film. Koleksi filmnya yang ada jahat-jahatnya gitu, action, walo takut juga... tetep ajah pengen nonton. Yang Rachma inget Ua yang satu ini geulis pisan [da emang beliau mah ahli banget merias -ada hubungannya gitu? :P-], pleus rambutnya yang ikal agak kecoklatan.

Kalo lagi di rumah mMih, hobi banget main beras kalo beliau mu menanak nasi. Ampe inget banget dengan pepatah "teu kengeng main beas Neng, bilih dijual ku toa". Kalo mMih lagi gak ngeliat, baru main-main, kalo mMih merhatiin, jauhilah beras seeeejauh mungkin :P. Paling seneng kalo hari Minggu, itu jadwalnya membersihkan rumah, alias kerja bakti. Paling seneng kalo nyuci lantai, bisa main air sembari "sosorodotan" :D. Paling suka kalo liat salah seorang bibi Rachma, si bibi geulis :D, pake baju SMA dan bersiap menuju Cimahi sana. Suka tiba-tiba pengen cepet dewasa dan kebayangnya itu... "waa... kalo dah gede... ntar Rachma bakal geulis kaya Bibi gak ya..."... hahaha, pikiran yang aneh :P.

Yang paling ditakuti di sini adalah Ua cowok, karena beliau teh suka ngegigit pipi Rachma. Ih pokokna mah nyeremin ajah. Jadi kalo ada beliau pasti Rachma ngumpet. Sampe sekarang ... masih kerasa aja risi kalo mesti ada physical touch sama sodara [ada hubungannya gak ya? :D]. Sering banget dibeliin perhiasan sama mMih. Gonta-ganti anting [karena mayan sering ilang :P], kalo cincin dibeliin sama Nenek dari pihak Papa. Sampai sekarang anting dan cincinnya masih tersimpan baik, koleksi, kenangan :D.

4-5

Mulai inget sering ketemu Mama sama Papa. Hidup ikut nebeng di rumah dinasnya tempat Mama ngajar. Inget sering diajarin baca tulis sama Papa, diajarin nyanyi sama Mama. Hobi banget difoto, lagian Papa juga seneng moto, jadi klop :D. Seneng banget ngemil gula merah dan cocorico ampe berhasil ngoleksi gigi tikus, hahah. Excited banget kalo dah main sama senjata berlaras panjang buat nembak burung gereja sekitar sekolah, pleus dengan mata berbinar-binar tega sekali menggoreng burung-burung imut nan lucu itu, dan memakan mereka dengan lahapnya [kalo inget itu, kadang kelintas.... kanibal banged seh confused]. Paling seneng kalo nunggu Papa pulang dari tempatnya mengajar, khas dengan sepeda kumbangnya... membawa cocorico coklat berbungkuskan kotak yang ada kupu-kupunya itu. Ato... seneng kalo nunggu Papa pergi mancing, walo hasilnya cuman dua tiga ikan kecil... nya seneng we... dimasak dimakan, kenyang deh :D. Kalo ada anak sekolah, paling hobi nyanyi depan mereka, heuheu, narsis tersalurkan kali yak razz.

5-11

Umur lima tahun mulai masuk SD, mulai pindah ke rumah baru, jaraknya... ngg... sekitar 10-15 menit jalan dari sekolah. Saat itu juga lahir adik Rachma yang cewek, tau gak pas dia lahir apa yang terlintas di pikiran Rachma? kelintas gini "yaaa, kok cewe sih... saingan doong" , hehehe, dasar anak kecil razz.

Di sekolah terdaftar dengan istilah "anak bawang", cuman ikut-ikut ajah, gak terdaftar di log book sekolah. Jarang banget masuk kelas, kerjaannya main-main ajah :P, paling suka sama pelajaran "nulis angka serat", dibeliin bukunya sama Papa. Dan hobiiii banget nulis itu, soalnya... bentuknya indah sih. Dateng pas ujian ajah, alias THB. Punya rapor juga sih walo gak terdaftar resmi, dan dapet ranking juga :D.

Pas kenaikan kelas, gurunya bilang... sambil becanda-becanda tea... Rachma ngulang lagi kelas satu, jadi ya sudah... hari pertama tahun ajaran baru masuk kelas satu lagi. Tapi kepala sekolahnya bilang, Rachma naik kelas dua ajah, dan jadilah terdaftar di log book sekolah untuk tahun ajaran 1991/1992 langsung di kelas dua :P. Pas di kelas dua ini, Mama beliin kalung buat Rachma. Ampe sekarang pun Rachma pake... [berarti leher tuh gak terlalu banyak berubah ya ukurannya :D]. Walo ada kalung Swarovski yang lucu nan indah nganggur di lemari, ya tetep ajah... lebih bermakna kalung emas itu [walo hanya dua gram, dengan model amat sederhana wink].

Pas SD itu... hobi banget ke ruangan guru nyari makanan gratis. Ya iya lah, secara Mama Rachma ada di situ :P. Kalo di luar jam sekolah itu... seneng banget ikut pramuka, seneng camping, seneng ada di alam bebas. jadi kalo tanggal 14 Agustus ada camping bareng seranting di Curug Sawer... ya suka-suka ajah ikut, lagian Papa Mama Rachma juga ikut di situ... :D.

Rachma juga hobi vocalizing, dalam rangka bisa menyanyikan pupuh-pupuh Sunda berlaras pelog, salendro, dan laras-laras lainnya, ya mesti tau cara ngatur nafas dan suara wink. Kebetulan, Mama juga ikut paduan suara Darma Wanita nya PGRI, jadi emang ada bakat, hihihihi. Papa Rachma juga bagus ketang vocalizing nya, kalo dengerin beliau baca Al-Qu'ran tuh... waaaa... subhanallah pisan lah, bagus. Papa tuh sering banget ngingetin, "mesti ngejaga seni Sunda". Jadinya ya... Rachma emang suka nyanyi dan nari, hihihi, mendominasi acara sekolah mrgreen . Terus, kan kalo di SD teh suka ada lomba-lomba gitu yak, calistung ato apa gitu. Nah, Rachma tuh suka ikut-ikut itu. Alasannya apa coba? Biar bisa jalan-jalan bareng Mama dan Ibu Kepala, terus dapet jajanan gratis, hehehehe mrgreen.

Kalo abis selse sekolah, pulang ke rumah... ya main atuh. Suka jalan-jalan ke sawah, main kincir angin, main layangan, ngejar-ngejar belalang [terus dimasak, dimakan! Catet eek]. Belalang goreng itu rasanya gurih. Walopun dari segi kesehatan terbukti belalang adalah makanan berprotein tinggi... nya tetep we ayeuna mah gak mau makan belalang, gak tega... [kalo inget, kayaknya Rachma pas kecil makan segala, omnivora banget :)) ]. Suka main di kebun deket rumah, manjat-manjat pohon jambu, bikin ayunan. Kadang merusak halaman dengan menanam bunga-bunga aneh hasil menjarah di sawah ato kebun biggrin, kadang berkreasi dengan tanah lembut dan membentuknya jadi kue-kue kecil dengan model lucu-lucu, dipanggang di bawah terik matahari mrgreen. Hobi banget main petak umpet dan perang-perangan. Inget banget dulu, excited banget sama figur pendekar macem orang Majapahit [inget banget dengan jurus capit gunting,,, alamak... hahaha imajinasi tinggi mrgreen], ato Bibi Lung[ini mah hobi sama nata rambut biar mirip kaya Bibi Lung, weheheheh], terus takut banget sama bola apinya Mak Lampir... [sambil ada backsound... Farida...Farida.... dramatis banget lah pokoknyah... heuheuheu].

Kalo lagi di rumah, mainnya kartu remi, sama kartu yang nyari yang samanya itu lo... apa sih namanya, pokokna mah kartunya itu mah bikin sendiri. Terus juga suka main kartu gambar yang dibelakangnya ada tanda lalu lintas itu lo. Inget banget, Rachma hobi jadi bandarnya, karena kalo jadi bandar itu, kalo menang dapet gambar baru banyak, walo kalo kalah juga ilang kartunya banyak juga mrgreen. Suka juga main kelereng, janjian buat main loncat tinggi, bersepeda bareng, main korsel-korselan, galah, dan sondah.

Suka banget main sandiwara yang dari gambar itu lo, basa Sundanya tuh "babajuan". Demi bisa menjalankan cerita dengan baik, Rachma suka niat bikin kursi-kursian dari bungkus obat nyamuk, bikin bantal-bantalan dari perca, terus biar kasurnya lucu, ngambil dari kotak terus dibungkus kertas kado biggrin. Terus biar pangerannya lebih ganteng, ngegambar sendiri orangnya terus diwarnain sendiri, hehehehe. Dan biar baju puterinya lebih bagus, bisa ditebak... Rachma gambar sendiri bajunya, kasi warna, tambahin banyak pita, tinggal pake deh mrgreen. Ceritanya pasti gak jauh-jauh dari ada dua orang cowo cewe jatuh cinta, ada yang jahatnya, ada yang baiknya, tapi akhir cerita dua orang itu nikah, hidup bahagia. Itu kayaknya terpengaruh sinetron, hehehe.
Suka juga tuh bikin ikat rambut sendiri, bikin dari perca, terus dibentuk bunga-bunga, dijahit, tambahin karet putih, jadi deh.

Kalo lagi bosen, suka menjarah koleksi bukunya Papa. Kalo baca buku gak bisa berhenti, mesti dibaca ampe selse, soalnya gak mau penasaran mrgreen. Dari yang cerita anak ampe buku-buku berat macem politik, psikologi, ampe tatakrama "sekolah kepribadian". Tapi dulu itu kalo baca tuh kepikirannya gini, "hooo, dunia orang dewasa tuh kaya gini ya...kok bisa ya penulisnya mikir gini... oh, jadi yang baik tuh begini, yang jelek tuh begitu...". Udah gitu, hobi berperan sebagai guru [ini niru ortu :D]. Murid Rachma adalah kursi meja, apa pun yang ada di sekeliling, hehehe. Biasanya Mama suka negur kalo tiba-tiba Rachma marah-marahin sang kursi, komennya "ntar kursinya bukannya ngerti malah ketakutan...", heuheuh. Kalo ngajarin adik Rachma juga kadang tanpa sadar suka marah-marah gak sabaran... gomen ~_~.

Kalo dah sore, sekitar jam 4, siap-siap ke madrasah, buat ngaji sore, ampe sekitar setengah 6. Terus pulang, ntar sambung ke madrasah lagi, ngaji ampe sekitar jam setengah delapan. Dari jam setengah 8 ampe jam 8 itu waktunya belajar nabuh rebana, nyanyi qasidah, ngelantunin sholawat, sama belajar qoriah ekstra. Pulang ke rumah nonton TV ampe jam 9-an, tidur deh mrgreen. Jam lima itu ada lagi jadwal ngaji shubuh, ampe jam 6an. Abis itu siap-siap ke sekolah lagi wink. Di madrasah itu suka ada cepat tepat per tahun, raramean lah itu mah. Terus suka ngadain acara macem rajaban ato maulidan, gitu juga sama sekolah agama per minggu yang tingkat RW, suka ada acara tahunan juga. Macem lomba qiroáti, lomba peragaan busana mrgreen. Rachma hobi mendominasi panggung, mulai dari ceramah, qiroáti, sholawat, nyanyi, dan baca puisi mrgreen. Demikian juga kalo pas acara Agustusan, kan suka ada panggung tuh... nah hobi juga ikut lomba-lomba Agustusan, kan lumayan dapet hadiah :D, terus kalo pas acara malemnya, kalo kerennya mah Agustusan Night meureun yah, Rachma suka juga nari. Disco hayu... dangdut hayuuu... Jaipongan hayuuu. Heuheueheu, abis menyenangkan sih, ada yang bersedia ngajarin nari, dan emang ada eventnya.

Tahun 1994, lahir adik baru...cowok ini mah, gender yang diidam-idamkan ama keluarga besar. Rachma paling suka matanya, bagus ajah :D. Oya, pas kelas 6 tuh, pernah pake jilbab, tapi pas lulus dibuka lagi, heuheuh, dasar si Eneng razz.

11-14

Di sini Rachma motong rambut pendek banget, model Demi Moore razz. Masa ini mulai mengenal diary. Banyak pisan lah diary Rachma. Isina teh tapi data-data temen, hehehe. Termasuk juga rahasia-rahasia, cerita sehari-hari, puisi-puisi, banyak lah. Ampe Rachma punya kode pengganti abjad, mirip hiragana tapi bukan [terinpirasi film ini mah :D], biar gak ada yang ngerti apa yang Rachma tulis. Dan sekarang pun kalo buka lagi diary-diary lama, Rachma gak ngerti apa yang Rachma tulis di situ, heuheuheu :)). Di SMP ini, Rachma ada di kelas D, 1D, 2D, 3D, di mana ada kisah cenah kelas D mah orangnya bandel-bandel mrgreen. Hobi ngumpulin angka 9 di rapor, hobi ngalahin juara umum sebelumnya, hahaha twisted.

Hobi musik di sini tersalurkan lebih baik. Guru musiknya hebat ;), mulai memahami note-note balok, cara baca, cara bikin, dan sejenisnya. Mulai belajar suling Indonesia, ngegantiin recorder yang saat itu terbilang mahal, dan suling Sunda. Kalo abis sekolah ikut kegiatan nari, tapi ayeuna mah lupa gerakannya teh gimana mrgreen. Ikutan vocalizing, waktu itu sih demi bisa menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, hehe. Masih ikutan pramuka, dulu apal banget ama sandi-sandi macam morse [tulisan maupun suara/cahaya], sandi rumput, dan sandi-sandi lain. Suka meragain semaphore, soalnya... aneh ajah, orang bersemaphore tuh jadi kaya pinokio, hueheheh razz.

Pelajaran favorit adalah yang bagian mulok: seni rupa, seni musik, tata busana, dan elektronika mrgreen, yang lainnya mah itu kan karena emang harus dipelajari, hehehe. Suka banget megang solder dan melelehkan timah, atau melukis sirkuit bikin PCB, dan nyusun-nyusun capasitor, resistor, dan -tor-tor lainnya terus tiba-tiba terdengar bunyi indah atau lampu flip flop warna warni. Sangat excited kalo dah pelajaran menjahit dan menyulam, menggambar pola, belajar berbagai tusuk, bermain sama benang, dan berkreasi menghias kain. Suka deh pokoknya, menyalurkan imaginasi biggrin. Di madrasah, ya kaya pas jaman SD aja, rutinitas ngajinya kaya gitu. Cuma bedanya, dah merambah kitab kuning, jadi ngoleksi banyak kitab di rumah. Kalo hari Minggu nyempetin diri belajar kaligrafi. Kalo lagi Ramadhan, ikut pesantren kilat. Ya... raramean aja itu mah. Sekitar akhir kelas satu atau awal kelas dua ya... pake jilbab lagi... Alhamdulillah ampe sekarang biggrin.

14-17

Yuhu... udah mulai pake seragam abu-abu. Tapi pindah ke lingkungan yang lebih agamis razz. Nyantri banget lah lingkungannya, kerasa mulai ada perubahan "penunjukkan identitas". Kalo sebelumnya Rachma cenderung ekspresif, ikut ini ikut itu, pas SMA kerasa lebih terbatasi. Penuangannya lebih ke diary, bikin cerpen banyaaaaaaaaaak pisan, biar ada kerjaan mrgreen. Kalo temen Rachma minta sequelnya, ya Rachma bikinin lagi wink. Hampir bisa dibilang Rachma gak ikut ekstrakurikuler di sini. Kerasa aja lingkungannya kurang homy, mungkin karena di sini lebih banyak lagi asal daerah siswanya, lebih heterogen. Pulang sekolah sekitar jam 2, langsung menuju Cimindi buat les bahasa atau ke Cimahi buat ikut bimbel. Dijemput Papa nyampe rumah jam 7 malem, belajar, ngerjain PR dan sebagainya ampe jam 12 malem. Kerasa banget kepala pusing kalo pagi-pagi . Dan catet, Rachma sering kesiangan nyampe sekolah, hahahah, pernah dihukum lari pagi keliling lapangan basket, atau gak dibolehin masuk kelas, de es be mrgreen. Hobi ngumpulin nilai 10, tapi gurunya bilang, "Neng, nilai maksimal yang dibolehin di rapor cuman 9, jadi yang satu poinnya ditabung ajah buat catur wulan depan". Aya-aya wae...rolleyes.

Pelajaran hidup yang Rachma ambil... mesti tepat waktu, mesti disiplin, jangan nganggap remeh sesuatu, harus gaul... jangan seperti katak dalam tempurung, dan yang penting lagi: yang pertama kali harus dijaga kekuatannya adalah "hati" bukan "otak". Ada satu momen yang diabadikan, waktu itu mau olimpiade Biologi tingkat provinsi, dan ntah gimana ceritanya, sekolah Rachma gak tau kalo jadwal testnya diubah, jadilah momen itu terskip. Rachma mengabadikannya dalam sebuah cincin... Rachma pake ampe sekarang... buat mengingatkan... jangan ngulangin kesalahan yang sama :).

17-22

Masa kuliaaaaaaaaah mrgreen. Semester pertama diwarnai dengan cedera kaki... lama banget lagi sembuhnya, ampe kalo jalan menyusuri GKU tuh mesti selalu nyender dinding dan megang tangga. Kalo pulang ke kosan, mesti selalu pegangan sama orang, alhamdulillah ada temen sekosan, D*****, jadi kalo jalan pegangan sama dia. Pas TPB kembali belajar main gitar, demi menyalurkan stres :D, tapi niat diurungkan setelah beberapa lama tiba-tiba kerasa tangan kapalan... jadi malashhhh.

Masuk jurusan, masuk organisasi, ikut kegiatan ini itu. Rutinitas. Organisasi yang paling berkesan justru bukan organisasi kampus, tapi pas berkecimpung di Indonesia Power. Hampir tiap bulan Rachma ke sana, dan kadang untuk kegiatan-kegiatan tertentu, bisa nginep beberapa hari [MESS nya bagus mrgreen]. Terkesan karena kegiatannya lebih membumi dan memasyarakat, gaulnya juga sama yang udah sepuh, jadi kalo ngobrol ... mereka suka ngasih nasehat dan petuah-petuah [Rachma suka sih kalo denger nasehat, menentramkan :) ].

Terlalu terlarut dalam akademis bisa dibilang membosankan... ya siapa juga yang tahan sama kegiatan yang sama terus menerus razz. Akhirnya pas tingkat 4 mulai menekuni organ, biarin kosan jadi berisik juga, hehehehe. Jadi kalo lagi BT, energi disalurkan dengan menekan tuts organ lebih keras, dan volume musik pengiring ekstra tinggi :D. Mulai juga menekuni bahasa Jepang. Untung temen kosannya sabar, hehehe, jadi gak complain kalo Rachma mulai teriak-teriak nyanyi ato mraktekin tuh bahasa Jepang. Ntah lah, yang penting mah menyibukkan diri aja, jadi kan gak bosen gitu. Jadi kalo di kelas suntuk sama kuliah, kerjaan Rachma selain curi-curi baca novel ato komik [ato kadang dengerin lagu via mp3 player razz], adalah nyorat nyoret buku Jepun hasil motokopi dari temen mrgreen. Tapi kalo gak dipake mah lupa ketang... heuheuh.


22 ampe sekarang

Ntah kenapa... masih banyak hal tentang hidup yang Rachma pertanyakan. Disebut nyari jati diri, kayanya dah ketuaan deh mrgreen, masa nyari jati diri terus... realnya kapan Neng?

Pernah ada yang komen "Rachma curhat terus... kumaha sih PhD teh"... hahah, hayo, sapa yang suka protes itu? razz. Selama kerjaan beres, curhat gpp kan? Lagian, kalo gak suka, ya tinggal gak usah dibaca aja, beres. Jangan sampe... protes-protes terus tentang curhatan Rachma, tapi akhir-akhirnya dibaca juga, kalo gak diupdate blognya, nanya-nanya terus kapan diupdate. Haiyah, typical manusia banget sih. Kalo bahasa Sundanya mah "dipoyok dilebok", kasar sih itu sebenernya...soalnya tujuan peribahasanya buat nyindir razz.

Rutinitas sekarang: jam 9-5 sore di lab, kadang ampe jam 8 ato jam 9 malem, tergantung mood dan sikon. Kalo sekarang mah tergantung masuk angin ato gak, hehehe. Gak tau kenapa, ampe sekarang teh masih sering masuk angin. Nyampe kamar, masak, terus internetan browsing sana sini. Senam sore sekitar 10 menitan :D. Kadang mah bosen oge sih, makanya lebih seneng nulis di blog.

Ni Rachma float-kan gambar sekitar rutinitas:
-housing, my lovely room
[captured in the morning (left) and in the night (right) via p990i]
















-Kasur tercinta :D, gak ridho kalo ada cowo tiduran ato duduk-duduk disitu, hahaha, jadi kalo kebetulan ada kumpul-kumpul yang ada cowoknya, Rachma umumkan, stay away from my bed :P
[captured in the morning via p990i]















-Laptop teman setia, sofa tempat olah raga [sit up dan sejenisnya yang perlu matras mrgreen]
[captured in the night via p990i]
















-Daerah Selwerd dan sekitarnya: jalur sepeda kampus-housing













































































-My lovely office and my summer shoes [gak penting razz]

















-Standar obento males masak, pleus ransum makanan di kantor [makan we terus di kantor teh mrgreen]



















Kenapa nulis flash back umur, ngg... Rachma lagi nyari-nyari spirit [Ne, Supiritto San? :)]. Kalo pas kecil mah efinefrin berlebih, gak perlu pake spirit juga bersemangat ini itu, udah bawaan dari sononya itu mah mrgreen. Tapi kalo udah berumur mah [ahahaha, serasa tua banget razz], semangat itu harus ditumbuhkan, dijaga. Seperti layaknya menjaga kadar keimanan :).

Sebelum tidur... kan Rachma suka baca terjemah Al-Qurán ya... suka tiba-tiba tenggelam dalam pikiran sendiri. Asa masih jauuuh pisan dari pribadi yang berderajat. Kerasa banget banyak minusnya di sana sini. Ntah lah... ya namanya juga manusia meureun, fitrahnya kan dhaif.

Beberapa hari yang lalu, ada pertanyaan terlontar kurang lebih kaya gini "kalo kaya gitu... ntar suami Rachma ngajarin apa dong?"

Hmm... ya banyak atuuuh, heuheuheu. Semakin banyak kita mempelajari sesuatu... semakin kerasa ternyata kita teh gak ada apa-apanya mrgreen. Jadi kalo ditanya tentang ilmu... ya tetep ajah... banyak yang belum tau, banyak yang pengen Rachma pelajari, masih banyak ilmu yang pengen Rachma dapet. Walo sebenernya belum kebayang ketang, maksudnya... "suami ngajarin istri" teh pegimane maksudnyeh. Mungkin sang suami bisa ngajarin Rachma cara ngebenerin genteng bocor? hahahah razz. Soalnya... Rachma belum pernah ngeliat Papa ngajarin sesuatu sama Mama Rachma... Lebih ke rutinitas hidup aja bukan itu teh, kalo istrinya khilaf, suaminya ekstra sabar dan mengingatkan. Kalo suaminya khilaf, ya istrinya juga ngingetin. Maksudnya begitu bukan sih???
*masih teu kabayang mrgreen*

Rachma lebih kebayang untuk memetakan nikah sebagai satu sistem dinamis, bukan hanya masalah ngajar mengajar, di mana pemimpin, dalam hal ini suami, selalu lebih daripada istrinya. Yang jelas mah, istri itu harus bisa jadi partner yang mendukung suaminya. Kalimat favorit: "suami itu pemimpin, dan yang namanya pemimpin itu adalah pelayan"... hehehehe twisted.

Selama ini, yang ada di benak Rachma... pengen jadi istri dan ibu yang baik. Sumangat pisan buat menciptakan generasi berkualitas [yak, PPKn muncul kembali razz]. Dan untuk itu teh, kan berarti harus banyak ilmu yang dipelajari, tidak hanya agama, tapi juga sains, teknologi, sosial. Kan bercita-cita pengen jadi "perhiasan" buat suami, jadi Ibu yang bijaksana buat anak. Itu resource ilmunya kan mesti banyak :). Kadang masih ngerasa ilmu masih kurang, masih kurang... ntah sampe segimana baru merasa cukup, heuheuheu. Di situ mungkin letak kepimimpinan cowok, bisa nentuin, bisa ngambil keputusan. Dan akan lebih menarik kalo istilahnya adalah "sharing"... bukan "menggurui". Selama sang suami mau menshare ilmunya... ya seneng-seneng aja atuh.

Kadang kerasa, ada sebagian orang yang terkesan segan sama Rachma. Kadang miris, kadang pengen ketawa, haiyah... cute gini kok ditakutin sih... heheheh razz. Itu juga yang mengcounter pendapat temen, intinya gini: "sama cowok itu harus jual mahal, play hard to get... jadi kalo cowoknya mu ninggalin ceweknya bakal mikir berkali-kali, karena dapetnya susah". Kalo Rachma mikirnya bukan gitu, kalo emang cowoknya berniat baik, gak akan Rachma persulit kok. Kalo gak suka, ya Rachma bilang gak suka, jawaban standar "gak mau nunggu dan gak mau ditunggu". Cuman, terkadang ... kerasa... mereka ciut duluan... ahahaha, jadinya seleksi alam pan itu mah, mesti ekstra berani cowoknya mrgreen. Dan kalo ternyata... tiba-tiba cowoknya "ninggalin"... ya silakan... sok-sok wae... dan satu kata terucap penuh kemenangan "baka!" razz.

Kenapa coba?
Semakin seseorang tau ilmu tentang perannya dalam hirarki masyarakat, semakin ia bisa memposisikan diri. Kalo udah jadi istri, mau statusnya apa kek... ya kalo di rumah mah dia statusnya istri, mesti taat dan hormat sama suami, memperlakukan suami layaknya raja, ngasi perhatian, kasih sayang, juga menentramkan. Bukan bikin pusing suami dengan minta ini itu... [eh tapi bikin pusing suami mungkin perlu, anggap aja brainstorming, hihihi mrgreen]. Misal bilang... Rachma kan pengen mendekor rumah kaya gini, pokoknya kaya gini, kan kaya gini lucu rumahnya, kok gak setuju sih, heran rolleyes. Atau semisal... ya uang suami itu kan uang istri, di Al-Qurán juga gitu kan, kenapa suami lebih dari istri derajatnya... itu kan karena suami menafkahi istrinya... tapi uang istri itu ya uang istri, bukan jadi uang suami...

Heheheh... pusing suaminya ntar razz, susah emang mengurangi kecerewetan, hihihi... Tapi itu kan berarti Rachma menyediakan ladang amal buat suami, buat melatih kesabaran [pembenaran, heuheuheu mrgreen].

Ke sini ke sini... Rachma makin menyadari, laki-laki itu pengambil keputusan. Emang dari sananya udah ada bakat memimpin kali ya. Pernah kan cerita-cerita gitu sama temen, intinya sih ngebahas "godaan itu ada di mana-mana" mrgreen, bahasannya lebih mengarah ke... untuk keadaan di mana ada cewek lain yang ngedeketin cowoknya... [I have told you that world of woman is scary, many unexpected things can happen here :) ], for some reasons... ada kan kekhawatiran cowoknya berpindah ke lain hati :D. Tapi hal-hal kaya gitu teh, gak terlalu krusial untuk dipikirin, maksudnya... hmmm... ya, kalo hati cowoknya belum memutuskan untuk memilih satu cewek, hal-hal kaya gitu emang bisa terjadi, namanya juga godaan. Lagian, selama orang yang kita sayang bahagia, walo mungkin kasusnya dia jadi sama orang lain, gak masalah kan. Gak guna juga, kalo dia sama kita tapi hatinya merana [halah, bahasanya.... heuheuheuh]. Kalo masih seneng lirik sana sini, ya silakan... Kalo ngutarain maksud ya Rachma pertimbangkan, kalo gak mah ya jangan harap Rachma ngerti ... orang situ gak bilang, gimana Rachma tau... heran deh razz. Heheheheh

Eta mah teori ketang, kalo hatinya udah terpaut ke satu orang, susah buat objektif teh, pasti lebih cenderung sama yang dicenderungi [halah, ribet kieu kata-katanya razz]. Kalo kata temen mah, "meni susah pisan Teh, kenapa gak bilang suka ajah, pake kata "cenderung-cenderung" segala". Heheheh, bener juga sih, cuman males ajah pake kata itu mrgreen. Pernah juga ditanya gini, "suka kangen gak Teh sama dia?"... terus Rachma jawab..."inget sih, tapi gak kangen-kangen banget. Tapi kalo ketemu mungkin lebih baik"... langsung ditimpal "iya itu teh namanya kangen Teteeeh... meni diplomatis pisan"... heuheuh, ya sih, susah ngomong sama yang dah punya suami mah, bahasa ceweknya langsung di-decode dengan cepat razz.

Next thing to do: daftar course Dutch, Tai Chi, ice skating.

Supiritto San, doko ni iru no?

Popular Posts