Monday, 21 April 2008

Doktrin

Rachma kan pernah cerita ya tentang "doktrin tukang beca", nah kemaren itu muncul lagi doktrin baru, "doktrin domba", dan "doktrin ayam" mrgreen. Tapi lagi males ngejelasin itu ah... jadi, silakan tebak sendiri apa maksud doktrin-doktrin itu, hehehe.


Hari senin,,,mmm, banyak yang ingin dikerjakan, rencana mu di lab ampe malem juga. Lagi males pulang ke housing cepet-cepet. Pengennya... pulang ke housing itu dah capeeee banget, jadi gak mikir yang macem-macem, langsung tidur aja razz. Waktu hari Sabtu itu ke Den haag, niat sampingannya adalah demi mencari kesibukan dan membiarkan diri lelah karena perjalanan, biar gak ngelamun terus [housing YB kondusif sekali buat melamun :P]. Tapi ternyata nyampe sana teh ketemu sama anak-anak kecil yang imut-imut dan lucu-lucu. Hayah, jadi terinduksi deui ini mah, pengen punya anak, pengen denger ada yang manggil "Mama", yang dengan gaya innocentnya ... manja-manja minta diperhatiin. Alhasil, walo cape banget nyampe housing, tetep aja kepikiran sesuatu :)).


Diakui ato gak, walopun ceritanya udah sembuh dari patah hati :P, tetep aja ada hal-hal yang bikin Rachma trauma [meni segitunya :))]. Walo Rachma tau, yang namanya generalisir itu gak bener adanya, tetep aja ada hawa-hawa yang menghantui,,, bahwa yang namanya cowok itu berpotensi bikin sakit hati. Bahkan untuk cowo yang Rachma kenal sebagai seseorang yang subhanallah pisan sholehnya, tetep aja hal-hal kaya gitu kelintas. Kadang Rachma mikir... ini teh fear factor kapan ilangnya ya... rolleyes, jadi ngeri sendiri :)). Udah gitu teh, kasus-kasus yang Rachma temui akhir-akhir ini malah membuat Rachma tambah ill feel ma cowok razz. Kadang Rachma shocked, "ih dia teh bukannya ikhwan pisan... kok bisa ya begitu?"

rolleyes
Jadinya males berurusan -terutama yang nyangkut privasi-, dan kerasa aja takut buat deket mrgreen. Jadi pas kemaren ditanya "bla..bla..bla.. langkah kongkrit ke depannya apa?"... kerasa banget otak hang :)), dan ujug-ujug cape aja [padahal mikirnya belum, heuheu mrgreen], so I simply answered "I don't know"... karena emang gak tau, gak pengen mikirin, gak pengen terbebani hal-hal kaya gini, udah kebayang aja flash back masa lalu :)), terus jadi ngeri razz.


Makanya, akhir-akhir ini sumangad pisan baca-baca psikologi, I have to be the doctor-in-need for my self mrgreen. Menenggelamkan diri menekuni sesuatu. I do need time to find my true self...membangun kembali fondasi untuk berdiri kokoh di atas kaki sendiri...rolleyes, yeah, who knows that itchy-thing like this takes a long time to recover. Lukanya sih sembuh, tapi bekasnya... hoho, ampe kapan ya ini ....


Doktrin paling ampuh di antaranya... ketika seorang temen Rachma nyeletuk kaya gini:
"Aku tuh ya, kalo punya pacar terus putus, gak akan sedih, melainkan bahagia. Kenapa? karena itu kan nunjukkin kalo cowok tadi tuh bukan jodoh aku, ngapain coba hubungan lama-lama kalo ternyata bukan jodoh? Udah gitu, itu artinya aku bakalan ketemu sama orang yang lebih baik dari cowok tadi. Lagian, yang rugi itu kan sebenernya cowoknya, coba... bisa-bisanya dia nyia-nyia-in cewek high quality kaya aku?"


Heuheuheu, pas dengernya... asli Rachma ketawa, pede pisan. Tapi... doktrin itu manjur buat menghibur diri, hueheheh. Walo tanpa disadari jadi mendoktrin diri menjadi eksklusif, atau kalo bahasa halusnya mah "terjaga", terjaga dari hal-hal gak penting dan gak perlu, malah kadang jadi terkesan sombong :). Yeah, but who cares with what people say, since they will not help solving the problem either twisted . Kalo ada yang nge-ym gak penting, pasti yang kelintas "apa sih nih orang, ngeganggu aja" :)), apalagi kalo udah ada suara telpon bunyi-bunyi, "ih, males deh, berisik, udah tau Rachma sibuk... pleus lagi males ngobrol gak jelas", heuheuheu =)), terus kalo ada sms, "udah tau Rachma jarang ngecek HP, ya gak akan dibales atuh", heheheh, ampe jadi itungan gitu... "sayang pulsa ah", atau kalo gak "sayang waktu, sayang tenaga" [seakan-akan mencet tombol accept ngeluarin berpuluh ribu kalori :P], pokokna mah jadi skeptis ajah, gak mau peduli, hihi. Nyadar sih, itu teh tega nian, tapi da lagi males atuh... jadi ya, begitulah.


Kadang ada yang seenak-enaknya komen: "jangan berlarut-larut dalam cinta"... Yah, akar masalahnya ini mah bukan itu. Walo udah mendoktrin diri untuk "cool, calm, confident", ya tetep aja ada saat-saat di mana lonely menyerang dan semerta-merta merobohkan segala doktrin yang dah dibangun, hihihi. Walo ada hal-hal yang terkristalkan kaya "ya, yang namanya kebahagiaan itu mahal harganya". Dampaknya? hmm... misal dalam menanggapi kecenderungan cowok untuk menyeleksi calon istri, terlintas "ya, dia berhak untuk berpetualang sampe dia mantep milih seseorang, itu manusiawi. Sapa tau emang jalan kebahagiaan hidupnya seperti itu, jadi gak pantes dong kalo Rachma jadi duri dalam daging. Tapi siapa juga yang mau jadi bahan main-main kaya gitu, sok aya-aya wae. " rolleyes... Ada juga yang pernah bilang, "yang namanya selingkuh itu kan kalo udah nikah, kalo sebelum nikah ya bukan selingkuh, itu tahap seleksi...", dih, ngedenger itu yang ada malah pengen muntah, seriusan. Seenak-enaknya cowok nebar jaring, ngedeketin banyak cewek, dan liat yang nyangkut di mana. Amat sangat ill feel sekali banget pokoknyah. How can a man like that be a father then?


Doktrin lain yang lagi berakar: "Allah mah maha adil, perempuan yang baik itu untuk laki-laki yang baik pula". Ketika ada banyak hal yang terlihat hambar dan hampa makna, menggantungkan harapan pada Allah emang jadi oase penyejuk hati. Ketika banyak fenomena yang tak lagi menghargai saling percaya dan saling menghormati, banyak mengingat Allah emang jadi obat tersendiri, jadi pegangan... "Allah senantiasa menepati janjinya".


-lagi ngitung mundur ke berkurangnya jatah umur, amat sangat kangen rumah-

4 comments:

ganDA RAHman garNADI said...

jadi abis patah hati ni? jadi, ke belanda tu cari suami ceritanya...?? hehe...
sok, balik didoakeun we lah. semoga dapet yg ga melankolis, supaya ga muntah... :)
(kayaknya yg ini AMIN-nya kenceng2 juga)

Rachmawati said...

ya, begitulah, hehehe.

melow juga kalo dalam kadar yang wajar mah asik-asik aja ko ;)

Mevrouw YB475 said...

ma..ikhwan juga kan manusia biasa...jangan terlalu menggeneralisir juga ma...di mata orang lain kita juga kan belom tentu sempurna...ya gak?? ;)

Rachmawati said...

Bukan nyari yang sempurna kok, nyari yang ngeclick :P.

Lagian, gak peduli juga kok apa pendapat orang tentang Rachma, gak ngaruh soalnya. Huehehehe >:)

Popular Posts